Marketing Strategy

Java Bali Overland Masih Menjadi Produk Andalan Panorama Destination

Java Bali Overland Masih Menjadi Produk Andalan Panorama Destination

Panorama Destination, anak usaha Panorama Group yang khusus bergerak dalam bisnis pariwisata inbound mendatangkan lebih dari 115.000 wisatawan asing pertahun ke Indonesia. Para wisatawan asing tersebut berasal dari Asia Pasifik, Eropa dan Asia Tenggara. Salah satu produk andalan dari Panorama Destination adalah Java Bali Overland.

Perwakilan Panorama, KAI dan KAP

Sejak diperkenalkan pada awal tahun 1980-an, produk ini masih menjadi produk pamungkas di kalangan wisatawan mancanegara terutama Eropa. Alasannya, karena mereka menikmati perjalanan darat dengan nilai pengalaman lebih saat melihat langsung keindahan alam yang menjadi salah satu kekuatan wisata Indonesia.

Guna meningkatkan nilai pengalaman bagi para wisatwan, produk overland dari waktu ke waktu tentu saja mengalami perubahan serta pengembangan, diantaranya adalah mengkombinasikan perjalanan dari Jakarta menuju Bali yang tidak hanya menggunakan bus, tetapi turis juga disuguhkan pengalaman perjalanan yang berbeda, yaitu dengan menggunakan kereta api.

“Kami mengombinasikan paket perjalanan Overland dengan menggunakan bus dan kereta api selain sebagai solusi dari kemacetan terutama menjelang mudik lebaran atau hari besar lainnya, kenyamanan serta jarak tempuh juga menjadi pertimbangan bagi kami untuk memberikan yang terbaik bagi para wisatawan.” ungkap Ricky Setiawanto, Direktur Pengembangan Bisnis Panorama Destination.

Setiap hari, Panorama Destination memberangkatkan wisatawan ke berbagai daerah di Pulau Jawa dengan tujuan Bandung, Pangandaran, Purwokerto, Yogyakarta, Malang dan beberapa kota lainnya.

Panorama Destination juga mendukung adanya perbaikan kualitas serta pengembangan produk dari kereta api di Indonesia. Sebagai bentuk apresiasi serta dukungan Panorama, maka pada tanggal 24 Juli 2014 di Bandung, Panorama Destination hadir dalam launching produk terbaru dari PT Kereta Api Pariwisata (anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia).

Soft launching diadakan di Stasiun Kereta Api Bandung, dihadiri oleh para pejabat PT Kereta Api Indonesia, PT Kereta Api Pariwisata dan beberapa perwakilan dari Panorama Group. Dalam acara itu Panorama Destination akan memberangkatkan 53 wisatawan mancanegara menggunakan dua gerbong.

PT Kereta Api Pariwisata sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam pengoperasian dan pemasaran meluncurkan dua kereta di mana sebelumnya pihak mereka sudah mengoperasikan beberapa kereta wisata lainnya dengan nama Jawa, Bali, Toraja, dan Nusantara. Produk kali ini yang diluncurkan bernama ‘Priority’ dengan kapasitas duduk 28 kursi dan kereta ‘Imperial’ dengan kapasitas duduk 20 kursi.

Dua kereta tersebut dilengkapi dengan pantry dan tempat duduk dengan jarak yang luas dengan kursi di depannya dan seat yang bisa diputar hingga 180 derajat. Fasilitas lainnya seperti TV di setiap kursi menambah kenyamanan kereta deluxe ini. Kereta akan dirangkai dengan Kereta Api Argo Wilis dengan tujuan Bandung – Tasikmalaya – Banjar – Kroya – Kutoarjo – Yogyakarta.

“Kami merasa terhormat dapat membawa tamu kami sebagai tamu pertama yang merasakan perjalanan dengan menggunakan kereta Priority dan Imperial ini. Kami juga menantikan kereta Priority dan Imperial dapat segera dioperasikan untuk publik sebagai kereta regular yang akan dapat dinikmati oleh siapa saja,” sambung Ricky. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved