Jelang Harbolnas, Siap-siap Bertabur Diskon dan Promo

Ilustrasi Hari Belanja Online Nasional / Harbolnas (tribunnews.com)
Ilustrasi Hari Belanja Online Nasional / Harbolnas (tribunnews.com)

Sejumlah pelaku bisnis e-commerce mulai tancap gas mendorong penjualan meskipun belum masuk pesta hari belanja nasional (harbolnas) yang jatuh setiap 12 Desember atau 12.12. Senior Media Relations Manager JD.ID Adhi Pratama menuturkan sudah menyiapkan berbagai promo dan diskon pada program 10.10 yang sudah dimulai pada 8 Oktober lalu.

Tak sampai di situ, Adhi menuturkan JD.ID juga menggelar rangkaian acara bertajuk JD.ID100 Days Shopping Marathon yang dilaksanakan selama periode 9 September hingga 12 Desember tahun ini. “Dengan berbagai program dan promo yang telah kami siapkan pada program 10.10, kami menargetkan pertumbuhan 100 persen dibandingkan tahun lalu,” ujar Adhi.

Pesta diskon masih jadi andalan, seperti potongan harga sebesar RP 1 juta, diskon menarik pada waktu tertentu, hingga promo kilat atau flash sale. Adhi memprediksikan produk yang akan melonjak adalah gawai, kebutuhan bahan makanan, kebutuhan ibu dan anak, hingga perabotan rumah tangga.

Head of Public Relations Blibli.com Yolanda Nainggolan menuturkan periode tiga bulan akhir tahun selalu dijadikan momen untuk menarik konsumen lewat segudang tawaran potongan harga, voucher, hingga promo uang kembali (cashback). Tak hanya itu, Yolanda menuturkan Blibli.com juga menjadikan kuis sebagai salah satu daya tarik konsumen

Pada program belanja online akhir tahun bertajuk Blibli Histeria tahun lalu, Yolanda menuturkan Blibli.com mengalami lonjakan konsumen hingga 35 kali lipat dibanding hari biasa. Kemudian, jumlah pesanan dan gross merchandise value (GMV) meningkat masing-masing sebanyak 11 kali lipat dibandingkan hari-hari biasa.

Director Shopee Indonesia Christin Djuarto menuturkan Shopee juga ikut menggelar pesta diskon selama 16 hari untuk memeriahka 10.10. Kali ini, ujar Christin, Shopee melibatkan 16 brand ternama, mulai dari produk kebutuhan sehari-hari, elektronik, hingga kosmetik. “Selain itu, kolaborasi dengan sejumlah mitra brand ikut memberikan kesempatan untuk mendapatkan tambahan penawaran menarik bagi konsumen,” tutur Christin.

Corporate Communications Manager Pegipegi Busyra Oryza meski tidak menjadwalkan program khusus pada 10.10, platform untuk layanan perjalanan ini tak mau ketinggalan menawarkan promo untuk menggaet konsumen pada Oktober ini. Pada tanggal 3 dan 7 Oktober lalu, Busyra menuturka Pegipegi menawarkan diskon hotel dan pesawat hingga 50 persen tanpa minimum pembelian. “Ini berhasil mendapatkan antusiasme tinggi dari pelanggan,” ujar Busyra.

Pada Oktober ini, Busyra menargetkan adanya kenaikan transaksi hingga tiga kali lipat dibandingkan periode sama tahun lalu. Saat ini, ujar Busyra, Pegipegi juga mengkampanyekan perjalanan lebih dari sekedar gaya hidup, melainkan kebutuhan. Memasuki kuartal keempat, Busyra menuturkan 90 persen produk tiket pesawat dan hotel yang akan paling banyak digunakan oleh konsumen.

Sumber: Tempo.co

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)