Jeli dalam Melihat Peluang di Pasar Premium

Produk makanan sehat, meskipun memiliki sedikit peminat namun merupakan pasar yang menjanjikan. Mulai banyaknya kesadaran untuk pola hidup sehat dan makan-makanan bergizi, membuat sebagian orang mulai melirik makanan ini. Beberapa brand makanan sehat yang cukup populer yaitu Tropicana Slim, WRP, L-Men, dan Nutrisari yang merupakan produk keluaran PT Nutrifood Indonesia.

Mardi Wu, CEO Nutrifood Mardi Wu, CEO Nutrifood

Perusahaan ini mendapatkan ISO pada tahun 1993 dan selalu mengeluarkan berbagai brand makanan dan minuman sehat. Beberapa diantaranya seperti mie, kecap rendah garam, susu, dan masih banyak lagi. Penjualan produk sehat ini bukan berarti tanpa kendala “Pasar produk sehat ini kecil dengan harga 4 kali lipat daripada produk biasa. Beberapa produk juga membutuhkan edukasi khusus dalam pemakaiannya sehingga sangat sulit untuk meyakinkan outlet-outlet agar produk kami bisa masuk” jelas Presiden Direktur Nutrifood, Mardi Wu.

Harga yang diberikan, dianggap sesuai dengan jaminan mutu produk yang berkualitas baik, yang diperoleh melalui proses produksi yang panjang. Nutrisari misalnya, minuman rasa jeruk ini diolah darii jeruk asli yang diimpor langsung dari Brazil dan Amerika. Produk ini juga diklaim memiliki kadar gula 10 hingga 12 gram lebih rendah, daripada minuman rasa lainnya yang banyak beredar di pasaran.

Kini produk-produk Nutrifood banyak dijumpai di pasaran meskipun dalam jumlah relatif lebih kecil dibandingkan produk lainnya. Nutrifood mencari peluang dalam menjual makanan sehat premium. Menurut Mardi Wu, pasar yang mereka masuki merupakan pasar kecil yang terbatas dan eksklusif sehingga hanya akan ada satu produsen saja yang bermain.
Peluang ini justru mereka ambil dari produk-produk yang ditolak oleh market research.

Produk yang gagal di pasaran dengan alasan harga lebih mahal dan hanya untuk kalangan terbatas, biasanya lebih menarik minat mereka. Produk seperti ini apabila berhasil dan sukses akan memberikan keuntungan. “Produk-produk seperti ini sebenarnya lebih aman, karena biasanya jarang ada kompetitor yang berminat dengan pasar seperti ini, ” jelasnya lagi. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)