Jualan Lotion dengan Skin Score Test

Di tengah ketatnya persaingan pasar produk kecantikan dan perawatan tubuh, Vaseline punya cara cerdas menarik perhatian calon konsumennya. Sejak Januari 2012, Vaseline memasang aplikasi Skin Score Test di facebook dan situs resminya.

Skin Score Test merupakan aplikasi interaktif untuk mengecek kesehatan kulit tubuh. Uji ini dilakukan dengan memberikan instruksi untuk dilakukan pengguna kemudian menjawab pertanyaan. Ada 8 item yang diuji yaitu uji perlindungan UV A & UV B, kelembaban, even tone, elastisitas kulit, bintik hitam, radiasi dan regenerasi kulit, uji fine-line, dan kecocokan kulit wajah dan tangan.

Di setiap pengujian, pengguna diminta mempraktekkan sebuah instruksi. Misalnya uji elastisitas kulit, pengguna diminta mencubit punggung tangannya dengan gerakan sedikit memutar selama 5 detik. Pengguna kemudian diberi pertanyaan, apakah kulit cepat kembali ke bentuk semula atau tidak.

Dari 8 pertanyaan, pengguna akan mendapatkan nilai dengan rentang 1 untuk kulit tidak sehat hingga 10 untuk kulit tubuh sempurna. Tak lupa Skin Score Test menampilkan saran promo produk Vaseline mana yang sebaiknya dipakai.

"Hasil skin score sampai Mei kita simpan sebagi referensi. Datanya diolah IndoPacific Edelman Research terus hasilnya kita publish di sosial media resmi Vaseline," ujar Brand Manager Vaseline, Hilda Kitti.

Pada dasarnya Skin Score Test adalah alat yang digunakan Vaseline untuk mempromosikan produk terbarunya, Vaseline Healthy White Perfect 10. Tujuan lain Vaseline menggunakan Skin Score Test adalah mengedukasi masyarakat bahwa perawatan kulit tubuh tak kalah penting dengan kulit muka.

Sebagai 'solusi' masalah kulit yang diujikan pada Skin Score Test, Vaseline menawarkan sampel gratis pada para penggunanya hingga Mei 2012. Pengguna tinggal mengisikan data diri di www.vaselineamazingskin.com atau facebook Vaseline.

"Sampai akhir Mei kita akan terus mengirim sampel. Prosesnya 1 minggu kroscek data, kemudian maksimal 2 minggu kemudian pengiriman. Aplikasi akan kita pasang terus supaya mereka bisa ngetes kulitnya sebelum dan sesudah pakai Vaseline," ujar Kitti pada reporter SWA Kamis 19 April 2012.

Meski aplikasi ini mudah digunakan dan menarik, bukan berarti pemanfaatan Skin Score Test tidak menemui kendala. Terbatasnya bandwidth internet merupakan kendala terbesar dalam penggunaan aplikasi tersebut. "Makanya Skin Score Test kita buat sesederhana mungkin," pungkas Kitti.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)