Jumlah Penumpang Singapore Airlines Capai 1,6 Juta Orang

Pertumbuhan jumlah penumpang maskapai asing tidak terlalu signifian. Untuk Singapore Airlines misalnya, menurut  Public Relations Manager Singapore Airlines Indonesia, Glory Henriette, selama Desember 2012 jumlah penumpang yang diangkut hanya naik 6% menjadi 1,6 juta. Di bulan yang sama tahun sebelumnya, jumlah penumpang Singapore Airlines tercatat sebanyak 1,5 juta.

Tahun ini, Silk Air juga mengalami peningkatan tipis jumlah penumpang yang diangkut di bulan Desember. Sebanyak 308 ribu penumpang diangkut Silk Air di Desember 2012, yang berarti peningkatan sebesar 5,5%. Pada Desember 2011 Silk Air mengangkut 292 ribu penumpang.

Pertumbuhan lalu lintas penumpang selama musim liburan turut memengaruhi peningkatan tingkat isian penumpang di seluruh kawasan yang dilayani Singapore Airlines. “Rute–rute jarak jauh seperti Amerika dan Eropa memimpin pertumbuhan karena kuatnya permintaan perjalanan liburan akhir tahun, " kata Glory. Namun, dia segera menambahkan, lingkungan bisnis masih menantang dan berbagai aktivitas promosi juga diperkirakan akan tetap menekan pendapatan per penumpang.

Sementara itu, kapasitas kargo, diukur dalam angkutan-ton-kilometer mengalami penurunan sebesar 9,0%. Lalu lintas kargo secara keseluruhan (diukur dalam angkutan-ton-kilometer) turun sebesar 8,0% year on year. Oleh sebab itu, persentase tingkat isian kargo (cargo load factor – CLF) pada bulan Desember 2012 meningkat sebesar 0,8 poin. Namun, tingkat isian kargo untuk rute kawasan Asia Timur menurun sebesar 3,3 poin yang disebabkan oleh tingkat permintaan tidak sesuai dengan peningkatan kapasitas yang dihasilkan dari peningkatan kapasitas kargo pada  pesawat penumpang. Tingkat isian kargo meningkat di kawasan Pasifik Barat Daya sebesar 6,5 poin yang disebabkan oleh pergerakan angkutan barang musiman yang tidak tahan lama. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)