The Jungle Bidik Pendapatan Rp84 Miliar

Tak banyak wahana wisata air di Jakarta, Bogor, dan sekitarnya. The Jungle Water Adventure adalah salah satunya. Berlokasi di Perumahan Bogor Nirwana Residence dengan latar belakang keindahan panorama Gunung Salak, The Jungle menawarkan konsep hutan dalam wisata airnya yang berdiri di atas lahan seluas 4 hektar.

General Manager The Jungle, Ibdas Gumilar mengatakan, wahana air dilengkapi dengan fauna seperti burung sebagai daya tarik, masih menjadi andalan. Jumlah pengunjung bisa mencapai 3.000 orang di akhir pekan. Di hari kerja angkanya mencapai 2.000 orang. Dengan harga tiket masuk sebesar Rp80.000-Rp100.000 per orang, angka kunjungan sebesar itu tergolong luar biasa.

“Kami menargetkan angka kunjungan mencapai 880 ribu orang per tahun dengan pendapatan sekitar Rp84 miliar. Bulan Januari lalu, kami sudah mendapatkan Rp5,3 miliar. Pertumbuhan secara umum sekitar 20%,” katanya.

Salah satu wahana di The Jungle, yakni Kolam Ombak. (IST) Salah satu wahana di The Jungle, yakni Kolam Ombak. (IST)

Ia yakin dengan konsep hutan, The Jungle bisa bersaing dengan wahana air lain. Salah satu keunggulan lain adalah kualitas air yang selalu terjaga. Dengan tingkat keasaman (pH) yang bagus, pengunjung bisa berekreasi dengan aman dan nyaman, tanpa dihantui iritasi atau terkena penyakit kulit.

“Kami adalah wahana air terbesar ke-20 di dunia. Dengan menyasar keluarga dan rombongan perusahaan di wilayah Jabodetabek, potensi bisnis ini masih cukup menjanjikan. Itu bisa dilihat dari antusiasme pengunjung dan kepadatannya,” kata Ibdas.

Di usianya yang ke-7, lanjut dia, The Jungle masih mengandalkan wahana air seperti kolam air hangat dengan suhu 40 derajat Celcius, yakni Kawah Ratu. Ada juga kolam tempat bersantai bersama keluarga dan kerabat, yakni Leisure Pool. Untuk yang ingin meluncur dari ketinggian 8 meter bisa mencoba Racer Slide. Anak-anak akan betah di Kiddy Pool yang punya beragam mainan seru.

Ada juga kolam ombak (Wave Pool) untuk yang ingin merasakan sensasi berenang di pantai. Pengunjung bisa meluncur dari ketinggian 12 meter bersama keluarga dan teman dengan menggunakan pelampung di Spiral Slide. Jangan lupa, ada Aquarium Raksasa sepanjang 200 meter yang terbuat dari serat kaca tembus pandang, serta taman burung yang berisi puluhan jenis burung yang mulai langka.

“Belum ada lagi wahana yang baru. Kami hanya mengoptimalkan pelayanan. Layanan kami sekelas hotel bintang lima. Tak ada waterpark di Indonesia yang menargetkan pendapatan di atas Rp50 miliar per tahun,” katanya.

Untuk mendongkrak angka kunjungan, The Jungle terus menggelar program menarik seperti diskon khusus saat Ulang Tahun Kota Bogor. Untuk pelajar yang berprestasi bahkan bisa masuk dengan gratis. “Kontribusi terbesar kami memang masih dari tiket masuk, kemudian sewa ruang tempat usaha, sponsorship, serta penjualan merchandise.” (Ario Fajar)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)