Jurus Data Print Mencetak Sukses

Data Print merupakan merek tinta printer isi ulang yang sukses menggarap pasarnya. Salah satu indikasinya, di hampir setiap toko peralatan komputer tersedia produknya. Menurut Siti Rahmayanti, Kepala Promosi dan Pemasaran Data Print, agresivitas distribusi merupakan salah satu kunci keberhasilan produk yang tersedia sejak tahun 1992 itu.

Kunci keberhasilan Data Print yang lainnya adalah memangkas jarak antara produknya dengan konsumen, sehingga mudah dijangkau calon pembeli. “Untuk menjadi dekat dengan konsumen, Data Print memaksimalkan peran distributor. Hingga kini distributor Data Print sudah tersebar hampir di seluruh pelosok Indonesia. Konsumen tidak perlu khawatir untuk mencari produk kami karena gampang dicari dan ditemui di mana saja," jelas Siti di Jakarta.

Selain distribusi, inovasi produk pun menjadi strategi wajib yang harus terus digeber. Karena itu Data Print terus meluaskan jajaran produknya dengan merambah produk penunjang printer lainnya seperti berbagai jenis kertas foto dan compatible toner cartridge.Siti memahami saat ini digitalisasi telah mempengaruhi perilaku konsumen. Karena itu berbagai kanal digital pun digarap Data Print demi mengokohkan eksistensinya, yaitu Twitter, Instagram, Facebook dan YouTube yang dioptipmalkan sebagai media pemasaran.

Kanal digital, kata Siti, memberikan kemudahan bagi Data Print untuk meningkatkan citra merek (branding awareness).."Selain untuk pemasaran dengan fungsi awareness juga bisa dimanfaatkan untuk berkomunikasi dan edukasi kepada konsumen. Di Media sosial , konsumen  bisa memberikan kritik dan saran kepada kami secara langsung. kami juga sering mengadakan promo dan kuis-kuis kepada konsumen. Sedangkan di YouTube menjadi saran edukasi kepada konsumen,” paparnya.

Berbagai strategi yang diusung Data Print terbukti mampu mencetak sukses . Hingga kini Data Print kerap diganjar dengan penghargaan yang menahbiskannya sebagai pemimpin pasar di segmen produk tinta isi ulang. Salah satunya penghargaan Top Brand Award yang diraihnya selama 10 kali berturut-turut untuk kategori refill tinta printer.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)