Jurus Jawara Menjadi Merek Terbaik IBBA 2014

Perhelatan Indonesia Best Brand Award, telah sampai pada acara puncaknya. Dengan tema Brand War in the Era of Big Data, acara yang diadakan oleh majalah SWA dan lembaga Riset Mars ini  didominasi oleh brand-brand lokal sebagai pemenang. Ajang bergengsi untuk insan bisnis di Indonesia yang sudah 13 kali di laksanakan ini, melibatkan 2.622 responden yang tersebar di 7 kota Tanah Air.

20140917_203955_450x600

Tahun ini, hampir 60% pemenang adalah merek lokal sisanya baru merek luar.  Pemenang Indonesia Best Brand Award di kategori minuman energi dalam kemasan cup adalah Panther.

Di bawah payung PT Kino Sentra Industrindo, Panther hadir di pasaran dengan beberapa pilihan rasa seperti anggur, jeruk dan jambu biji. Minuman yang bisa dinikmati oleh semua kalangan ini, memiliki beberapa strategi untuk mendapatkan gelar sebagai merek terbaik di Indonesia.

Bagaimana Panther akhirnya bisa mendapatkan penghargaan ini, berikut petikan wawancara reporter SWA Online, Istihanah,  dengan Howke Aditya, Brand Manager  Panther, seusai acara IBBA 2014.

Apa yang Panther lakukan sehingga mendapatkan gelar sebagai merek terbaik?

Kita terus mencoba untuk menggali kebutuhan konsumen dan yang pasti  terus dekat dengan konsumen. Karena sebuah brand bisa dekat dengan konsumennya dan bisa dicari dimana-mana, maka brand tersebut lebih mudah untuk didapatkan dan dapat di konsumsi oleh masyarakat. Untuk itu, Panther pun khususnya sebagai minuman energi dalam cup, bisa menjadi top of mind bagi para penikmat energi di Indonesia.

Salah satu pemenang dalam penghargaan IBBA 2014 Salah satu pemenang dalam penghargaan IBBA 2014

Apa saja Brand Activation yang dilakukan oleh Panther selama 2014?

Kita dari awal tahun ini memang lebih banyak melakukan brand activation kepada end user. Seperti pada musim mudik lalu, kita membuka posko-posko mudik di titik-titik peristirahatan para pemudik. Selain itu, brand activation yang rutin kita lakukan adalah membuat sebuah acara di pasar tradisional. Karena sesuai dengan target market kita, semua kalangan dan peminat minuman berenergi dalam kemasan cup. Karena panther merupaka pioneer dari minuman berenergi dalam cup.

Bagaimana strategi menghadapi persaingan?

Sebuah produk makanan atau minuman, haruslah dekat dengan konsumennya. Sehingga, strategi Panther untuk menghadapi persaingan adalah dalam bidang distribusi. Kami selalu meningkatkan distribusi agar Panther mudah di dapatkan oleh para penikmatnya. Dengan mudahnya Panther di dapatkan di pasaran, maka para penikmat minuman ini akan enggan mencari merek lain.

Apa saja keunggulan produk Anda dibandingkan produk kompetitor?

Kami merupakan pionir minuman berenergi dalam cup. Jika dibandingkan minuman energi lainnya, yang hanya memiliki satu varian rasa. Keunggulan yang dimiliki Panther sendiri, memiliki beberapa varian rasa, yang dapat dipilih oleh konsumen sesuai dengan seleranya.

Bagaimana Panther meningkatkan loyalitas pelanggan?

Biasanya kami memiliki beberapa program, baik untuk ke end user atau ke outlet-outlet yang menjual Panther. Posko mudik yang diadakan, itu juga salah satu program kita untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Selain itu, untuk para penjualnya kami memiliki program tertentu yang menguntungkan bagi para penjual, sehingga mereka tetap mau berjualan produk kami.

Kesulitan apa yang dihadapi untuk mempertahankan penghargaan ini?

Kesulitan itu pasti ada, karena di luar sana kompetitor itu banyak. Bukan hanya Panther saja yang menjual minuman berenergi dalam cup, tetapi juga banyak merek-merek lain yang menjual produk yang sama. Perusahaan yang memproduksi mereka juga bukan perusahaan yang sembarangan, mereka juga memiliki program-program promosi yang mungkin lebih baik dari Panther. Itulah yang menjadi tantangan untuk Panther sehingga menjadi top of mind para penikmat minuman berenergi dalam kemasan, sehingga kita akan terus belajar dan berinovasi ke depannya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)