Jurus Ruparupa Targetkan Pengunjung Tiga Kali Lipat

Chief Marketing Officer Ruparupa, Budiono Narmada

Selama tiga tahun meramaikan pasar e-commerce Indonesia, kinerja Ruparupa.com, one-stop online shop dari Grup Kawan Lama, menunjukkan peningkatan positif baik dalam penjualan maupun kunjungan ke website. Chief Marketing Officer Ruparupa, Budiono Narmada, mengatakan, setiap tahun Ruparupa mengalami peningkatan 200%. “Target tahun depan lebih dari dua kali,” katanya.

Mengusung konsep Omni Channel, menurut Budiono, Ruparupa memberikan pengalaman berbeda yang memungkinkan pelanggan berbelanja online dan offline sekaligus. Selain itu, Ruparupa juga turut mendukung penjualan offline dari toko-toko Grup Kawan Lama.

Untuk mendukung konsep Omni Channel tersebut, tersedia fasilitas STOPS (Store Pick-Up Service) yang memungkinkan pelanggan untuk membeli produk di website Ruparupa lalu mengambil pesanannya di 270 toko ACE, Informa, atau Toys Kingdom yang berada di 41 kota.

Ruparupa juga terus menghadirkan inovasi melalui berbagai produk perlengkapan rumah tangga dan furnitur yang didukung produk gaya hidup lainnya seperti peralatan kesehatan & olahraga, mainan anak & bayi, hobi, otomotif, hingga elektronik & gadget yang kini telah mencapai lebih dari 60 ribu jenis.

Direktur Ruparupa, Teresa Wibowo, mengatakan, saat ini makin banyak masyarakat memiliki keterbatasan dalam hal waktu sehingga membutuhkan fasilitas yang memudahkan aktivitas mereka, salah satunya dengan belanja online. Menjawab ini, Ruparupa hadir untuk memenuhi kebutuhan rumah dalam satu channel..

Untuk merayakan ulang tahun ke-3, Ruparupa menghadirkan program Ruparupa 3rd Anniversary yang dimeriahkan oleh berbagai promo di antaranya, harga cuma Rp3 ribu yang bisa dinikmati pada 25 April untuk deretan produk pilihan seperti air cooler (harga normal Rp 1.799 juta), set meja serbaguna (harga normal Rp 1.299 juta), penghisap debu kering (harga normal Rp 999 ribu), Rubbermaid Cooler Box (harga normal Rp 919 ribu), hingga branded blender (harga normal Rp 899 ribu).

Promo lain yang ditawarkan yaitu cashback hingga Rp 1,5 juta periode belanja 23 April – 7 Mei 2019, Surprice yaitu kesempatan untuk mendapatkan produk pilihan dengan harga super hemat yang terbagi dalam 3 periode setiap hari pada 24-25 April 2019, Dihibur (diskon di hari libur) sebesar 10% untuk pembelanjaan minimum Rp 1,5 juta pada 27-28 April dan 4-5 Mei 2019, hingga Flash Sale pada periode 1-4 Mei 2019.

Untuk menambah kesempatan mendapatkan potongan harga saat berbelanja, tersedia promo Rebut Voucher yang menyediakan 6 voucher per hari pada 29 April-3 Mei dan 6-7 Mei 2019.

Adapun keuntungan berbelanja lain yang dihadirkan Ruparupa seperti program cicilan 0% hingga 12 bulan menggunakan kartu kredit dari 14 bank, cicilan tanpa kartu kredit melalui Home Credit dan Kredivo, gratis instalasi produk setiap pembelanjaan minimal Rp 5 juta, serta Satisfaction Guarantee yaitu komitmen Ruparupa di mana pelanggan dapat mengembalikan produk yang tidak sesuai dengan keinginan dalam waktu 14 hari, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Sementara itu, untuk mengantisipasi lonjakan traffic pengunjung pada saat promo, menurut Budiono, pihaknya telah meningkatkan dua kali kapasitas server. “Kami pastikan platform dan infrastruktur sudah bisa mengakomodir semua traffic yang akan datang. Dari segi database semuanya juga kita rapikan, sehingga ketika customer berbelanja tidak ada hambatan,” katanya.

Budiono menargetkan akan ada lonjakan pengunjung tiga kali lipat dari hari biasa dan memastikan semua pelanggan akan mendapatkan promosi. “Ketika pelanggan tidak mendapat promo yang Rp 3 ribu, kami masih punya banyak promo spesial yang lain. Jadi memang tujuannya untuk memastikan semua pelanggan bisa mendapatkan promosi,” tuturnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)