“Kampung UKM Go Online” Dukung Ekonomi Kerakyatan

Sebagai upaya mendukung sektor usaha kecil menengah (UKM) untuk menawarkan produk atau jasanya melalui internet, PT XL Axiata Tbk (XL) meluncurkan program “Kampung UKM Go Online” di Surabaya.

“Sebagian UKM di Surabaya belum memanfaatkan kecanggihan teknologi digital untuk mendukung pemasaran produknya. Padahal dengan memanfaatkan internet, mereka bisa menawarkan produk secara nasional bahkan menjangkau pasar internasional. XL berkomitmen untuk terus menghadirkan program-program yang bertujuan untuk memaksimalkan manfaat layanan,” ujar  Adi Yuharman, General Manager FMS East XL.

Menurut Adi, program ini sekaligus bentuk dukungan XL untuk mewujudkan ekonomi kerakyatan menjadi kekuatan utama perekonomian di Kota Surabaya pada tahun 2015. Melalui program ini pula sebanyak 10 UKM asal Kota Surabaya mendapatkan bantuan berupa komputer dan akses internet, serta pelatihan pemasaran melalui media digital sekaligus pendampingan selama 3 bulan.

Pelatihan tersebut mencakup penggunaan internet baik untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai kewirausahaan, maupun juga tentang pemasaran digital. Peserta akan mendapatkan materi bagaimana menggunakan beragam format media digital untuk pemasaran secara online dan membuat jaringan usaha dengan memanfaatkan akses internet.

Tahun 2012 program UKM Go Online sementara masih berfokus di Surabaya. Ke-10 UKM tersebut bergerak di bidang makanan, fashion (tas, sepatu, dan batik tulis), daur ulang, pengolahan hasil laut, dan dinamo. Program ini mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Daerah Kota Surabaya. Mengingat besarnya manfaat program Kampung UKM Go Online ini, XL berencana untuk memperluas hingga menjangkau UKM yang berada di luar Surabaya, ke berbagai kota di Jawa Timur.

Program ini memberikan satu peralatan komputer lengkap dengan koneksi internet HotRod3G+, dan satu buah telepon umum gratis (TUG) di setiap kampung UKM sehingga memudahkan warga melakukan komunikasi semaksimal mungkin terutama untuk pemasaran produk UKM.

Saat ini jaringan XL di Jawa Timur telah menjangkau hampir semua kecamatan di yang ada di provinsi tersebut. Saat ini, jaringan XL didukung oleh lebih dari 30 ribu BTS (2G/3G) di seluruh Indonesia. (EVA)

 

Leave a Reply

1 thought on ““Kampung UKM Go Online” Dukung Ekonomi Kerakyatan”

Saya brian antonio pemilik bisnis kecil micro yg bergerak di industri rumahan kreatif di jakarta,menarik sekali program yang digagas tersebut namun susah sekali untuk tersentuh program csr prusahaan jika blum ada siup tdp yah
by rian, 19 Nov 2013, 01:36

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)