Marketing zkumparan

Kangaroo Springbed Memperluas Jalur Distribusi

Kangaroo Springbed menyabet penghargaan Anugerah Brand Indonesia 2018. (Foto : Istimewa)

Produsen Kangaroo Springbed, merek kasur asal Riau, membangun pabrik di Jambi untuk memenuhi permintaan konsumen yang kian melonjak.” “Pabrik di Jambi bertujuan untuk memenuhi permintaan para retailer secara maksimal, agar yang mereka butuhkan bisa langsung kita penuhi dengan cepat,” ujar Riko Barita Paulus Simanjuntak, Chief Marketing Officer Kangaroo Springbed dalam keterangan pers yang diterima SWA Online (4/4/2018).

Manajemen perusahaan juga memperluas jalur penjualan produknya di toko dalam jaringan (daring). Berdasarkan data yang diperoleh Riko, sekitar 30% konsumen berbelanja furnitur lewat toko daring. Sisanya masih memilih berbelanja lewat toko fisik. Karena itu, Kangaroo sedang bekerja sama dengan e-commerce Shopee sebagai platform penjualan online Kangaroo di internet. Selain itu, Kangaroo juga aktif di media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Adapun, merek kasur pegas yang dibesut oleh pengusaha Darius Cia sejak tahun 1998 itu diganjar penghargaan Anugerah Brand Indonesia 2018 yang diberikan oleh perusahaan riset Tras N Co Research. “Keberhasilan ini menjadikan kami lebih tertantang untuk terus mempertahankan pencapaian, dan terus melakukan inovasi-inovasi baru,” jelas Riko.

Perkembangan Kangaroo sejak diluncurkan 20 tahun silam pun terus melaju pesat. Salah satunya, sejak dua tahun terakhir Kangaroo asal Sumatera ini telah ‘melompat’ ke Pulau Jawa untuk mengembangkan gerai ritel modern demi menembus pasar di Jabodetabek. “Menguasai pasar di Pulau Jawa itu bukan hal mudah. Karena itu, kami merambah Transmart, Carrefour, Giant, dan Hypermart. Bahkan kemarin kita ke Banjarmasin untuk mengembangkan pasar di sana,” ungkap Riko.

Kawasan timur Indonesia pun tak lepas dari pantauan Kangaroo. Karena itu di 2018 ini Kangarooo juga akan merambah bagian timur Indonesia. “Kami paham saat ini pangsa pasar di Indonesia masih cukup luas. Maka dari itu kami akan mencari peritel baru, dan ingin merambah wilayah timur karena di sana luas, dan perekonomiannya juga bagus,” terang Riko.

Yogurt dari Bulgaria

Pada kesempatan terpisah, PT ABC Kogen Dairy (AKD) berinovasi untuk merebut hati konsumen di segmen minuman berbasis susu di Indonesia. Baru-baru ini, AKD meluncurkan KIN Bulgarian Yogurt sebagai minuman yogurt Bulgaria pertama di Indonesia. Peluncuran ini juga didasari oleh pengamatan AKD atas gaya hidup sehat yang tengah menjadi tren di kalangan masyarakat, terutama generasi millenial.

AKD meyakini generasi perilaku konsumen millenial tentang pola hidup yang sehat bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan menunjang mereka dalam mencapai tujuan hidup. Salah satu cara yang sedang populer dan menjadi tren dalam 5 tahun terakhir adalah menambahkan yogurt dalam menu makanan sehari-hari.

Tiffany Pratiwi Suwandi, Manajer Merek KIN, memaparkan, yogurt dipercaya sebagai sumber nutrisi yang baik, terbukti menyehatkan sistem pencernaan, serta bermanfaat untuk kesehatan tulang, rambut dan kulit. “KIN Bulgarian Yogurt sendiri dibuat dengan kultur bakteri asli dari Bulgaria. Bahan bakunya pun menggunakan susu segar yang dihasilkan dari peternakan sapi KIN sendiri, untuk menghasilkan produk yogurt berkualitas tinggi dengan rasa yang nikmat. Kemasannya diproses dengan teknologi aseptic filling untuk kemasan botol PET sehingga menjaga produk tetap fresh tanpa bahan pengawet,” jelas Tiffany.

Diana F. Suganda, dokter spesialis gizi dari RSPI Bintaro Jaya turut menguatkan keterangan Tiffany. Diana menerangkan bahwa Bulgarian Yogurt atau susu fermentasi, telah terbukti dapat menyehatkan saluran pencernaan dan membantu meningkatkan kesehatan dengan mengaktifkan sel-sel kekebalan tubuh. “Kultur bakteri dalam kandungan yogurt membantu proses fermentasi dengan mengubah laktosa menjadi asam laktat sehingga yogurt juga dapat dikonsumsi oleh mereka yang alergi terhadap laktulosa atau tidak bisa mengonsumsi susu,” jelas Diana.

Tak ketinggalan Alexandrina Guigova Wakil Duta Besar Bulgaria turut memaparkan bahwa masyarakat Bulgaria dikenal berumur panjang karena udara di negaranya yang bersih dan segar. Hal ini bisa terjadi karena mereka memahami pentingnya menjaga lingkungan alam dengan baik. Masyarakat Bulgaria pun mampu menjalani hidup modern tanpa menghilangkan sisi tradisional sehingga dikenal sebagai negara yang telah mengangkat Yogurt di mata dunia. “Gagasan bahwa yogurt berperan dalam memperpanjang usia, bisa kita lihat dari pegunungan Rhodope di Bulgaria, yang memiliki jumlah penduduk berusia 100 tahun terbanyak di dunia,” terang Guigova. Anton Budiharjo, Manajer Pemasaran KIN menyebutkan KIN Bulgarian Yogurt terdiri dari tiga varian rasa yakni original, stroberi dan jeruk.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved