Kerek Popularitas, Telkom Gelar Lomba “Ide Gila”

Banyak cara yang dilakukan korporasi untuk meningkatkan popularitas merek atau produk, termasuk diantaranya menarik sebanyak mungkin pengunjung untuk singgah ke halaman website. Tengok saja aksi dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) yang menggelar lomba “ide gila” dalam bentuk film singkat.

Melalui dua produk terbarunya, yakni Uzone dan Useetv, perusahaan plat merah itu mengadakan kompetisi film 10 detik dengan mengusung tema “love” dan “life” yang dimulai 25 September 2013 – 15 Desember 2013.

UZone (istimewa) UZone (istimewa)

Indra Utoyo, Direktur Innovation & Strategic Portopolio Telkom, mengatakan, bahwa format “digital narcissism” atau media digital untuk mengekspresikan diri mengalami perubahan terus menerus.  Meledaknya video sharing akhir-akhir ini, menurutnya, didukung oleh semakin mudahnya masyarakat dalam merekam suatu kejadian menggunakan ponsel pintar atau tablet. “Kami mengadakan kompetisi ini dalam rangka memberikan wadah kepada masyarakat Indonesia untuk mengekspresikan diri dalam bentuk video singkat yang kreatif dan positif,” ujar Indra.

Walaupun berjudul “10 seconds movie”, tetapi durasi film yang diperbolehkan ikut dalam kompetisi ini adalah antara 10-20 detik. Indra menjelaskan, syarat durasi film yang hanya 10-20 detik ini unik dan bisa menjadi tantangan bagi peserta untuk menceritakan sebuah kisah yang bermakna dalam sebuah video singkat.

Sementara itu, Achmad Sugiarto, Executive General Manager Divisi Solution Convergence Telkom, menambahkan, jeda waktu yang singkat akan menuntut peserta memikirkan ide-ide gila yang unik sehingga menarik perhatian khalayak dan juri. Adapun dua juri yang terlibat dalam kompetisi ini antara lain Joko Anwar dan Raditya Dika.

Achmad Sugiarto, Executive General Manager Divisi Solution Convergence Telkom Achmad Sugiarto, Executive General Manager Divisi Solution Convergence Telkom

Menurutnya, dengan digelarnya kompetisi unik tersebut dapat meningkatkan nilai merek (brand value) Uzone dan UseeTV sebagai merek baru. Uzone merupakan aplikasi digital yang baru saja diluncurkan bulan Agustus 2013 dengan tagline “One Stop Digital Shop”.

Angka kunjungan ke aplikasi ini mencapai 1.600 orang. Uzone diharapkan menjadi media digital yang mewarnai industri kreatif Indonesia. Uzone saat ini telah memiliki 8 konten menarik yaitu musik, film, televisi, buku, radio, games, aplikasi dan channel WoW. Sedangkan UseeTV adalah portal hiburan yang memiliki banyak konten, 21 channel tv, fitur tv on-demand dan acara lainnya.

“Untuk halaman WoW kunjungannya mencapai 2.300-2.500 per hari atau meningkat 40-50%. Channel Wow merupakan salah satu konten unggulan, di mana para pengguna bisa mengunduh hasil karyanya sesuai dengan proyek masing-masing dan kompetisi film ini adalah salah satunya, “ klaim Achmad.

Selama berjalannya kompetisi, Telkom juga mengadakan roadshow ke universitas-universitas di 4 kota besar di Indonesia yaitu Bandung, Yogyakarta, Makassar dan Surabaya. Adapun pemenang kompetisi ini dibagi menjadi 3 yaitu, film terbak, skenario terbaik dan pemenang favorit. (EVA)

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)