Kerja sama Citilink-Telkomsel, Gebrakan Baru Strategi Pemasaran

Jasa penerbangan berbiaya murah, Citilink,menandatangani kerja sama strategis dengan provider Telkomsel. Pulsa Telkomsel kini bisa dibeli di dalam pesawat Citilink, sebaliknya tiket pesawat Citilink bisa dibeli hingga ke pedagang pulsa Telkomsel di pinggir jalan.

CEO Citilink, Arif Wibowo, mengatakan, kerja sama ini merupakan bagian dari strategi pemasaran kedua belah pihak. Sinergi bisnis ni akan mendekatkan pasar Citilink kepada 125 juta pelanggan Telkomsel, begitu juga sebaliknya. Tahun 2013 penumpang Citilink ditargetkan mencapai 7,8 juta penumpang.

"Kami melihat bisnis komunikasi sangat prospektif. Telkomsel memiliki aspek strategis bagi Citilink karena bisa mengembangkan jaringan hingga ke pelosok," ujar Arif usai penandatanganan kerja sama di Jakarta.

Direktur Sales Telkomsel, Mas'ud Khamid, mengatakan, pelanggan prabayar akan semakin mudah mendapatkan pulsa di mana pun. "Semua wilayah rute penerbangan Citilink telah terlayani oleh jaringan Telkomsel," ujar Mas'ud.

Sementara itu, VP Marketing and Communication Citilink, Aristo Kristandyo, berujar, realisasi kerja sama ini sementara baru berbentuk menjual pulsa Telkomsel di seluruh gerai Citilink juga di dalam pesawat Citilink.

“Saat ini jual pulsa dipesawat secara elektrik baru bisa dilakukan sebelum pesawat take-off atau sesudah landing. Ke depannya pengisian pulsa bisa dilakukan saat pesawat di angkasa. Hal tersebut dimungkinkan dengan menggunakan mekanisme tertentu,” ujar Aristo.

Citilink membutuhkan channel distribution yang lebih banyak dan menurut Aristo, Telkomsel mempunya itu. Saat ini ada 5.000 distributor pulsa Telkomsel yang sedang di training untuk menjual tiket Citilink.

“Jadi seperti saat kasir di Alfa/Indomart menawarkan pulsa ke pembeli mereka, nantinya penjual pulsa juga bisa menawarkan tiket Citilink. Bahkan ke depannya dimungkinkan untuk menjual tiket Citilink di pedagang pulsa Telkomsel di pinggir jalan. Teknisnya bisa melalui pemesanan sms, yang jelas sistemnya sudah siap,” tambahnya.

Saat ini Citilink memiliki 114 penerbangan per hari. Hingga akhir tahun ditargetkan bisa mencapai 215 penerbangan. Citilink memiliki 31 rute perjalanan di 15 kota. Hingga di 2013, anak usaha PT Garuda Indonesia Tbk. ini bakal memiliki 35 unit pesawat dan akan terus bertambah menjadi 195 unit pada 2022. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)