Ketika Konsumen Semakin “Jual Mahal”, Ini yang Harus Dilakukan

 

  1. Manfaatkan hasil riset konsumen sebanyak-banyaknya dan seluas-luasnya. Gunakan data tidak hanya dari satu sumber, agar mendapatkan  kesimpulan yang optimal.

 

  1. Jadikan konsumen sebagai soulmate yang tanpa diminta actively akan mengatakan yang baik-baik tentang merek/produk Anda. Namun, pemilik merek harus mengetahui mana konsumen yang hanya just friend dan yang potensial.

 

  1. Aktivitas pemasaran, penjualan dan customer experience loyalty harus diintegrasikan.

    Konsumen Sedang Berbelanja di Dep. Store Konsumen Sedang Berbelanja di Dep. Store

 

  1. Perusahaan harus memikirkan menciptakan sebanyak mungkin promoter. Perusahaan harus melihat bahwa pelanggan yang loyal itu akan memberikan efek peningkatan profit.

 

  1. Jangan pernah menjadikan konsumen sebagai objek ritual riset.

 

  1. Harus punya engagement dengan konsumen. Harus mengenal apa dan siapa konsumennya.

 

  1. Membuat budaya di internal perusahan secara keseluruhan untuk menyampaikan nilai ke konsumen.

 

  1. Pemilik merek harus cerdas mengelola service encounter dengan baik. Moment of truth dapat terjadi jika performa di atas ekspektasi ketika konsumen berinteraksi dengan perusahaan di setiap touch point. Maka, baik karyawan maupun teknologi yang dipilih, serta sistem dan aturan yang ada harus dapat menunjang interaksi yang positif.

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)