Kiat Ikea Alam Sutera Tarik Pengunjung

Rumahku, Istanaku. Rumah seharusnya menjadi tempat yang paling nyaman untuk melepas penat setelah seharian bekerja di kantor. Ikea Alam Sutera menawarkan beragam keunggulan untuk menarik pengunjung yang ingin menambah nyaman sekaligus mempercantik rumahnya. “Kami menawarkan variasi rangkaian produk untuk berbagai lapisan ekonomi masyarakat sesuai dengan kemampuan ekonominya masing-masing,” kata Ririn Basuki, Public Relation Ikea.

Untuk menarik jumlah pengunjung , Ikea global mengeluarkan produk-produk baru ataupun koleksi terbatas pada setiap periode tertentu. Nah, pihaknya mengikuti program tersebut, seperti Summer Sale, End of year Sale, Catalogue Launch.

Ada juga program lokal seperti Ikea Anniversary, dan kegiatan lainnya untuk berbagi inspirasi baru agar rumah lebih tertata lebih baik dan nyaman dengan cara-cara yang praktis, mudah dan kreatif. Saat ini, ada sekitar 7,500 produk dan 700 produk diantaranya merupakan produksi asli Indonesia.

Produk harus diminati pasar di Indonesia. Mereka rutin menggelar kegiatan “home visit” ke rumah-rumah di Indonesia. Target bisnisnya adalah dikenal masyarakat secara luas sebagai tempat yang memberikan ide dan solusi inspiratif untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik di rumah. “Sejak Ikea Alam Sutera dibuka Oktober 2014, lebih dari 5 juta orang telah berkunjung. Kenaikan jumlah pengunjung yang signifikan biasanya terjadi di akhir pekan dan setiap ada promo khusus,” katanya.

Dia menjelaskan, pelangggan Ikea memilliki kebutuhan yang berbeda-beda, mulai dari pernak-pernik kecil hingga perabot rumah tangga. Selain itu, dengan adanya 55 ruangan inspirasi dan tiga setting rumah lengkap. Harapannya, pelanggan terinsipirasi dan tertarik untuk membelinya.

Produk Ikea juga multifungsi. Artinya, bisa dimanfaatkan sesuai kreatifitas masing-masing pelanggan. Contohnya, rel dinding Fintrop dapat dipasang di dapur untuk menggantung peralatan memasak atau digantung di tembok teras belakang untuk menggantung pot-pot tanaman. “Secara umum, masyarakat Indonesia masih memerlukan tempat penyimpanan yang besar maupun kecil. Minat masyarakat terhadap produk-produk tersebut tetap baik,” kata Ririn.

Produk Ikea juga dikembangkan dengan konsep “Democratic Design” yaitu memiliki desain menarik karena melibatkan desainer top. Produknyga juga mengutamakan fungsi, kualitas, dengan harga terjangkau, dan juga memperhatikan keberlanjutan. Konsumen juga mudah merakitnya sendiri karena produk menggunakan desain Skandinavia yang simpel dan praktis.

“Produk Ikea dikemas dalam kemasan datar, sehingga konsep DIY dapat diterapkan dan membuat harga menjadi lebih terjangkau bahkan untuk produk karya para desainer,” kata dia. (Reportase: Aulia Dhetira)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)