Kiat Propan Raya Memenangkan Persaingan

Propan Raya ICC baru saja mendapatkan penghargaan Indonesia My Home Awards 2015 dari Majalah Home sebagai perusahaan yang memberikan solusi kepada masyarakat dengan varian produk terlengkap. Dengan banyaknya produk yang dimiliki, Propan telah memberikan solusi atas kebutuhan konsumen yang semakin beragam. Direktur Pemasaran PT Propan Raya I.C.C., Yuwono Imanto mengatakan pemasaran produk yang sangat beragam jelas menjadi tantangan tersendiri untuk perseroan.

“Mau tidak mau, tim pemasaran harus kreatif. Setiap divisi produk punya sistem manajemen sendiri, mulai dari product manager, yang mengelola mulai dari riset, bahan baku, formula, diproduksi, lalu dipasarkan ke regional-regional,” katanya kepada SWA.

Menurut dia, perseroan juga punya tim yang menjalankan distribusi sendiri. Mereka berbentuk unit bisnis yang yang fokus memasarkan produk tertentu di regional tertentu. Selain distributor, Propan juga punya 24 cabang di seluruh Indonesia. Ada juga tim yang khusus menggarap segmen ekspor. “Kami juga ada tim yang khusus menangani proyek-proyek bangunan. Ada juga tim technical service untuk melakukan demo aplikasi cat yang benar, dan sebagainya,” ujarnya.

propan-3Yuwono menjelaskan, aktivitas pemasaran juga beragam mulai dari membuat pameran yang kreatif, pelatihan, workshop di lokasi pabrik, kunjungan ke universitas-universitas, mendidik para calon arsitek atau arsitek muda lewat buku-buku yang diterbikan perusahaan, termasuk juga mengadakan sayembara bekerja sama dengan arsitek dan kementerian pariwisata dengan dengan tema-tema yang mendukung seni, budaya, dan arsitektur Indonesia. “Nah, itu semua adalah aktivitas marketing yang tidak dilakukan oleh perusahaan cat lain,” katanya.

Propan mulai fokus mengembangkan cat kayu sejak tahun 1979 silam. Bisnis perseroan melaju pesat setelah pemerintah melarang ekspor rotan dan kayu mentah pada tahun 1987. Perseroan pun kebanjiran permintaan hingga mampu mengalami pertumbuhan ratusan persen. Pasalnya, pabrik-pabrik cat di Indonesia saat itu hanya memproduksi cat tembok dan cat mobil. Itulah awal dari momentum pertumbuhan Propan, yang membuat perseroan punya dana, energi, dan aset untuk terus maju di cat kayu dan cat-cat lainnya. Selain cat kayu, Propan memproduksi beraneka ragam cat yang meliputi wood coatings untuk furniture, wood care untuk pelindung bahan bangunan, architectural wall paint, metal protective coatings, serta concrete protective coating system yang terdiri dari industrial polyfloor, garage coatings, dan water proofing.

“Saat ini, cat kayu berkontribusi 50% terhadap penjualan Propan. Lama-kelamaan dia akna semakin kecil seiring membesarnya kontribusi dari divisi produk lainnya. Kemudian ada cat epoxy flooring dengan kontribusi 15%, di segmen ini Propan juga nomor satu di Indonesia karena kami perusahaan cat pertama di Indonesia yang memproduksi epoxy flooring. Kemudian setelah itu kontribusi besar lainnya diberikan oleh cat metal, batu alam, water proofing, dan cat tembok,” katanya. (Reportase: Adi Wacaksono)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)