Kisah Tolak Angin Menembus Pasar Global

“Tolak Angin ada di mana-mana.” Begitu bunyi iklan yang kerap muncul di layar kaca berbagai stasiun TV swasta. Ada di Hong Kong, Australia, Belanda, bahkan Amerika Serikat. Penjualan ekspor Tolak Angin memberi kontribusi 5 persen terhadap total penjualan. Bagaimana kisah Tolak Angin menjadi merek yang mampu menembus pasar global? Irwan Hidayat, Direktur Utama PT Sido Muncul, memaparkannya kepada Niman Novi Dwi Arini dari SWA Online:

Bagaimana strateginya hingga produk Sido Muncul bisa dijual ke luar negeri?

Strategi yang kami pakai di Sido Muncul itu adalah dari kualitas produknya. Menurut saya produk yang dicipatakan harus benar-benar bagus dan berkualitas. Lalu ketika produk itu sudah dikenal dengan kualitasnya yang bagus maka di dalam negeri sendiri produk itu akan digemari dan laku. Setelah itu baru bisa produk ini dibawa keluar negeri tapi ini tentu tidak semua produk bisa seperti ini.

Irwan Hidayat

Bagaimana mengibarkan bendera atau brand di luar negeri?

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya sebuah produk itu harus memberi kualitas yang baik dan digemari atau laku di pasar dalam negeri setelah itu baru bisa dibawa ke luar negeri. Begitu yang ada Sido Muncul karena produk kami laku di sini lalu ada toko yang juga punya toko di luar negeri dan akhirnya membawa barang kami ke luar. Setelah itu sebenanrya eksportir yang mengetahui mengenai produk kami akhirnya meminta kami untuk ekspor ke mereka.

Kalau untuk iklan apa Sido Muncul juga pasang iklan untuk pasar luar negeri?

Untuk iklan Sido Muncul sama sekali tidak pasang iklan di sana karena mahal juga pasang iklan di luar negeri. Kami lebih mengandalkan produk kami yang sudah dikenal di dalam negeri dan sudah kuat di sini sehingga lama-lama pasar di luar negeri tertarik.

Apakah membangun outlet di sana – berapa banyak?

Untuk outlet sampai saat kami belum punya, tapi tentu kami merancanakan untuk membuat outlet atau toko di luar negeri. Membangun toko di luar negeri itu seperti yang kita ketahui sangat susah ya tapi suatu saat dalam rencana jangka panjang mungkin saja Sido Muncul akan membuka toko di luar negeri.

Kini sudah merambah negara mana saja?

Untuk prodak Tolak Angin sudah di ekspor ke beberapa benua ya seperti Asia, Eropa, dan Amerika. Terlebih untuk di ASEAN dan Timur Tengah. Seperti Taiwan, Amerika, dan Australia juga Tolak Angin sudah masuk. Ada beberapa yang membeli sendiri lalu dijual di toko-toko yang mereka punya tapi ada juga eksportir yang meminta kami kirimkan ke luar negeri.

Berapa permintaan untuk ekspor?

Untuk permintannya sendiri sampai saat ini ada 5 persen dari total penjualan keseluruhan.

Apa target dan rencana ke depannya?

Apa target dan rencana ke depannya tentu kami akan terus memperbaiki produk-produk yang sudah Sido Muncul punya karena kami kan dari bahan alam jadi tentu kami akan terus improve dan perbaiki agar kualitas yang kami berikan ke konsumen selalu terjaga dengan baik. (***)

Leave a Reply

1 thought on “Kisah Tolak Angin Menembus Pasar Global”

Tolak Angin SidoMuncul memang heibaatt .. Sejak tahun 90an sewaktu saya belajar di USA (Seatle), jamu SidoMuncul, terutama TolakAngin tidak terlalu sulit mendapatkannya.. Beberapa SuperMarket, Mall menjual jamu produk SidoMuncul dan Nyonya Meneer .. Bahkan beberapa teman saya yang Bule asli American sudah biasa menyeduh Jamu produk Jawa itu bila mereka merasa gregez-gregez, nggak enak badan/ masuk angin .. Awalnya Jamu seduhan Jawa tersebut dicurigai sebagai golongan Narkotika/ sejenis Hashiz/ Ganja, dll .. Tapi sekarang sudah tidak masalah lagi ... Beberapa exekutif American yang bekerja di Indonesia yang pada waktu pulang kampung membawa oleh-oleh Jamu seduhan Jawa tersebut di kopernya, pasti akan tertahan dan disita oleh BeaCukai/ Custom di Airport karena dikira Nakoba .. setelah beberapa waktu kemudian Badan Kesehatan Makanan Federal USA membuat Clearance Sertifikat akan Jamu Jawa tersebut,, maka sekarang tidak ada masalah lagi buat pembawa oleh-oleh Jamu Jawa tersebut melalui Pintu Airport ..
by MazJohnnKouple, 14 Aug 2014, 00:46

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)