Komitmen Deltomed Puaskan Konsumen

PT Deltomed Laboratories, produsen Antangin JRG berkomitmen tinggi dalam mencapai kepuasan konsumen produknya. Karena bagi mereka, kepuasan konsumen itu sulit dicapai di tengah persaingan pasar yang ketat, khususnya pada produk obat masuk angin yang rendah tingkat loyalitasnya.

Soimah_Antangin JRG“Kami harus bisa memberikan kepuasan kepada para konsumen dengan berbagai cara di tengah persaingan pasar yang begitu ketat. Kepuasan konsumen itu terus terang sangat sulit diraih, karena jumlahnya banyak dan tingkat kepuasan mereka yang berbeda-beda,” kata Dian Nugraha, Group Product Manager PT Deltomed Laboratories, ketika ditemui beberapa waktu lalu.

Supaya dapat mencapai kepuasan para konsumennya, tentu saja Deltomed melakukan berbagai riset untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan sesungguhnya dari konsumen. “Karena pastinya keinginan mereka akan terus berkembang. Dari hasil (riset) itulah, akhirnya kami membuat strategi-strategi dan perencanaan pemasaran yang bisa mengakomodasi keinginan dari para konsumen. Tentunya kebutuhan mereka dalam hal kualitas produk, dan kedekatan produk kami dengan mereka, dan sebagainya,” tambahnya.

Dian memaparkan bahwa Deltomed sangat menyadari keberadaan para kompetitor di dalam industrinya, khususnya pada produk obat masuk angin. Hal ini disebabkan pasar obat masuk angin masih sangat besar di Indonesia, sehingga banyak pemain baru yang dipayungi oleh perusahaan-perusahan besar masuk ke pasar.

“Tapi bagi kami, dengan semakin banyaknya kompetitor, maka akan semakin mudah mengedukasi konsumen atau masyarakat soal cara efektif menghadapi masuk angin, dan akhirnya mereka akan bisa memilih sendiri mana produk yang terbaik untuk mereka,” paparnya.

Dalam tujuan meningkatkan kepuasan para konsumennya, tentu saja hal utama yang Deltomed lakukan adalah dengan meningkatkan kualitas produknya. Dan hal itu menjadi komitmen tertinggi buat perusahaan, dan sudah mereka lakukan secara konsisten.

“Untuk meningkatkan kualitas produk, kami lakukan riset untuk mengetahui apa yang masih perlu ditingkatkan dari produk kami untuk konsumen. Kemudian, salah satu cara meningkatkan kualitas produk adalah dengan menggunakan satu teknologi yang berasal dari Jerman, yakni Quadra Extraction System, yaitu satu mesin yang kita gunakan untuk mengekstraksi bahan-bahan baku kami, sehingga selalu higienis dan selalu sesuai standar dari Good Manufacturing Process (GMP). Itu yang kami lakukan dalam menjaga kualitas, sehingga kepercayaan konsumen bisa kami jaga dengan baik,” katanya.

Dian tidak memungkiri bahwa kepuasan para konsumen tentu saja berpengaruh sangat besar terhadap pertumbuhan pendapatan dari Antangin pada khususnya, dan Deltomed pada umumnya. Karena kepuasan konsumen itu selalu sejalan dengan loyalitas mereka membeli produk-produk keluaran Deltomed.

“Kalau mereka banyak membeli produk kami, maka pendapatan kami juga akan meningkat. Sampai akhir tahun 2013, dan ke depannya, kami targetkan pendapatan harus terus meningkat, karena pasar di Indonesia masih sangat besar. Jadi sebetulnya masih banyak konsumen yang membutuhkan produk obat masuk angin, namun, sebagian besarnya masih menggunakan cara-cara pengobatan tradisional, atau ada juga yang ingin cara tradisional (dengan obat herbal) tapi yang punya kemasan modern. Jadi kami masuk ke segmen yang kedua ini,” jelasnya.

Menurut Dian, Deltomed selalu terbuka dan menyediakan sarana bagi para konsumen untuk dapat memberikan kritik dan saran kepada produk juga perusahaan. “Line telepon bagi konsumen mungkin kami belum punya, tapi kami punya situs yang bisa mereka akses. Situs yang kami jalankan saat ini adalah sehatcaraherbal.com, dan kami juga punya laman FB dan Twitter yaitu Sehat Cara Herbal. Keluhan, saran, atau apapun dari konsumen yang masuk ke semua media tersebut, akan segera kami tanggapi,” ungkapnya.

Konsumen Antangin JRG, yang merupakan produk utama Deltomed, kalau dilihat dari segi Strata Ekonomi Sosial (SES) A sampai E. Sehingga memang siapa pun bisa mengonsumsi Antangin JRG. Kalau dari segi usia, untuk anak-anak, produk ini mempunyai apa yang dinamakan Antangin Junior, dan Antangin yang biasa untuk konsumen dewasa atau berusia 15 tahun ke atas. “Antangin yang untuk dewasa pun kami bagi atas bermacam-macam rasa untuk mengakomodasi berbagai keinginan mereka. Misalnya bagi yang tidak suka rasa A, maka mereka bisa coba yang rasa B atau C,” pungkasnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)