Krakatau Sarana Properti Dorong Cilegon Jadi Destinasi Kuliner

Sandiaga Uno saat mencicipi hidangan The Surosowan, di Cilegon, Banten. (dok. KSP)

Krakatau Sarana Properti (KSP), unit usaha Krakatau Steel di Cilegon, Banten baru saja membuka restoran The Surosowan yang diresmikan langsung oleh Kemenparekraf Sandiaga Uno, (22/12). Restoran yang berdekatan dengan lokasi Hotel Royale Krakatau dengan luas 7 ha tersebut merupakan rebranding dari nama sebelumnya yakni Sapphire. Langkah ini juga bagian dari restrukturisasi manajamen baru yang tujuannya menopang unit bisnis Krakatau Steel dan sekaligus membantu menunjang pariwisata Kota Cilegon, khususnya di bidang kuliner.

Sandiaga Uno berpesan supaya restoran ini menjadi tempat kuliner yang ikonik di Cilegon, bukan saja karena dilengkapi dan ditopang dengan prasarana penunjang terintegrasi layaknya hotel bintang empat berkapasitas 248 kamar, dilengkapi juga dengan dua restoran, 10 meeting room dan convention hall berkapasitas 2.500 orang, serta berdekatan dengan destinasi lainnya seperti pusat perbelanjaan, lapangan golf The Royale Krakatau, waterpark dan sarana olahraga lainnya.

“Yang pasti saya mendukung Pak Silmy Karim merestrukturisasi Krakatau Steel salah satunya dengan hadirnya restoran The Surosowan ini agar bisa menopang industri ekonomi kreatif bidang kuliner walaupun Cilegon dikenal sebagai Kota Industri. Area ini (Krakatau Steel) juga merupakan tempat bersejarah, di mana pada tahun 1962, Proklamator kita Bung Karno mendirikan Krakatau Steel,” jelas Sandiaga.

Direktur Utama PT Krakatau Steel Tbk. Silmy Karim menyambut baik hadirnya restoran The Surosowan. Kepada Dirut KSP dan manajemen The Surosowan yang hadir, ia berharap tempat ini menjawab tantangan kedepan, antara lain menjadikan Kota Cilegon juga dikenal luas sebagai tempat wisata kuliner, salah satunya agar mereka bisa datang langsung untuk mencicipi hidangan yang tersaji di restoran The Surosowan.

"The Surosowan adalah salah satu unit bisnis yang ada Krakatau Steel dibawah pengelolaan Krakatau Sarana Properti. Hadirnya The Surosowan dalam upaya memenuhi aspirasi dan harapan masyarakat Kota Cilegon dan Banten juga bagi warga Jakarta dan sekitarnya, yang menginginkan tempat makan yang nyaman dengan makanan yang lezat cita rasa dan istimewa. Inilah yang membuat kami terdorong dan termotivasi untuk senantiasa melakukan perbaikan berkelanjutan dan menghadirkan The Surosowan bagi masyarakat Kota Cilegon,” jelas Silmy.

Sementara itu Dirut Krakatau Sarana Properti Ridi Djajakusuma menjelaskan secara detail bahwa menu makananan yang tersaji di The Surosowan merupakan kombinasi dari signature food lokal dan juga internasional. The Surosowan juga akan mengangkat kearifan lokal setempat dengan menyuguhkan tarian khas Cilegon dan Banten setiap minggunya, sehingga pengunjung akan merasakan dining experience yang berbeda.

"The Surosowan juga menggandeng UMKM setempat bekerja sama dengan Disbudpar dengan memberikan ruang kerja untuk mereka agar bisa menampilkan kekayaan pengrajin lokal seperti batik khas Cilegon/Banten dan ethnic craft, serta snack khas daerah Cilegon, sehingga pengunjung selepas dining di restoran dapat membawa pulang oleh-oleh souvenir khas Cilegon," kata Ridi.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)