Marketing Strategy

Langkah Anti-Mainstream Galuh Citarum Dongkrak Tingkat Hunian

Langkah Anti-Mainstream Galuh Citarum Dongkrak Tingkat Hunian

Membangun pusat perbelanjaan mewah di kawasan properti adalah hal umum yang kerap dilakukan oleh para pengembang. Namun, kelumrahan tersebut tak membuat PT Galuh Citarum terjerembab ditren yang sama. Perusahaan itu justru mengambil langkah anti mainstream dari kebanyakan pengembang properti lainnya. Salah satunya, menghadirkan Pasar Bersih Karawang (PBK) guna menarik pengunjung dan mendongkrak tingkat hunian.

PBK adalah salah satu fasilitas yang diunggulkan oleh kompleks hunian Galuh Mas Karawang. Pasar ini berada di lokasi strategis, tak jauh dari pintu utama Galuh Mas Karawang. PBK dibangun sejak Juni 2012, di lahan seluas 1,4 Ha dengan luas bangunan 12.000 m2, memiliki jumlah lapak 108 unit, kios 242 unit dan ruko 67 unit.

Pemukulan Gong saat soft launching Pasar Bersih Karawan

Pemukulan Gong saat soft launching Pasar Bersih Karawang

Mandra P. Shakti, Direktur Utama Galuh Citarum, mengklaim, PBK merupakan satu-satunya pasar modern terbesar di Karawang. Kawasan ini memperkenalkan konsep pasar yang bersih, tertib, aman dan nyaman. Konsep pasar bersih ini dikembangkan oleh Olympus Development sejak tahun 2010. Pasar bersih seperti ini juga terdapat dibeberapa kota di Jawa Barat, di antaranya Pasar Bersih Cengkareng, Cikarang dan Bogor. “Nilai investasinya sekitar Rp 40 miliar,” jelas Mandra.

Mandra berkelakar, hingga saat ini total penjualan sudah mencapai 67 unit ruko dan 242 unit kios. Menurutnya, PBK memiliki beberapa keunggulan. Misalnya, dikelola secara profesional, kebersihan terjaga, tidak becek, tidak bau, parkir luas dan keamanan yang terjamin selama 24 jam. “Harga jual di Pasar Bersih pun sangat bersaing seperti halnya bertransaksi di pasar tradisional, ada proses tawar menawar. Tak hanya itu pihak pengelola memiliki agenda event dan promosi yang variatif setiap bulannya bagi para pengunjung,” katanya.

Mandra menambahkan, target pasar dari PBK sangat besar. Hal tersebut dikarenakan demografi Karawang yang memiliki 2 juta penduduk, 300 ribu pekerja pabrik, 5 ribu kepala keluarga penghuni di Perumahan Galuh Mas. Sementara soal animo, ia mengatakan, telah bergabung agen besar dan ratusan pedagang yang datang dari pasar baru Karawang, pasar Johar, Pasar Kosambi, dan Pasar Perumnas.

“Dengan jumlah pembeli potensial tersebut, PBK dapat menjadi pusat usaha niaga dan investasi menguntungkan di Karawang,” jawabnya penuh optimis.

PBK berlokasi strategis di area Galuh Mas, area favorit bagi publik Karawang yang terus berkembang pesat dan prospektif. PBK mudah dicapai karena dilalui transportasi umum, berdekatan dengan Karawang Central Plaza, rumah sakit, sekolah, club house, pom bensin, bank, dan perumahan menengah atas.

Antusiasme warga di PBK

Antusiasme warga di PBK

Untuk mencanangkan diri sebagai kota mandiri dan terdepan di Karawang, tahun 2014 ini, Galuh Mas Karawang akan meresmikan beberapa fasilitas lain yang berada dalam satu lokasi yang terintegritas bernama Central Business Park (CBP). CBP Galuh Mas Karawang akan menghadirkan Technomart (pusat otomotif, elektronik, dan furnitur terbesar di Jabar), Festive Walk (pusat gaya hidup, kuliner, dan hiburan), Hotel Mercure Karawang (hotel berbintang empat bertaraf internasional), dan Wonderland Adventure Waterpark (pusat hiburan dan rekreasi keluarga).

Sebelumnya, sejak 2012, telah hadir Mal Karawang Central Plaza. Rencana pembangunan bandara internasional dan pelabuhan Cilamaya, membuat Karawang saat ini menjadi tujuan para pengusaha dan investor lokal maupun asing untuk mengembangkan bisnis mereka. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved