Langkah Esia Garap Masyarakat Berpenghasilan Terbatas

Di tengah maraknya penggunaan layanan data, PT Bakrie Telecom Tbk selaku penyedia layanan Esia, justru tetap fokus kepada segmen layanan suara dan pesan teks (SMS). Fokus Esia tersebut dinyatakan dengan keluarnya tiga kartu perdana baru. Produk ini pun ditujukan kepada masyarakat yang berpenghasilan terbatas.

“Ada beragam tipe konsumen dengan beragam kebutuhan telekomunikasi yang beda," sebut Rita Purnaeni, Head of Marketing PT Bakrie Telecom Tbk, di Jakarta, Kamis (14/2/2013).

Peluncuran tiga kartu perdana oleh Esia, di Jakarta, Kamis (14/2/2013).

Dijelaskan dia, Esia melihat bahwa konsumen ternyata mempunyai kebutuhan yang berbeda. Ada konsumen yang lebih membutuhkan komunikasi lewat SMS, ada pula yang lebih membutuhkan komunikasi lewat suara, dan campuran keduanya. Beragamnya kebutuhan tersebut tidak bisa dipaksakan dengan hanya satu kartu perdana saja.

Untuk itu, Esia pun meluncurkan tiga produk kartu perdana, yakni Nelpon GSM 100% Balik Pulsa, Gratis Nelpon&SMS Sepuasnya, dan Gratis Ribuan SMS ke Semua Operator. “Sengaja kami luncurkan tiga kartu perdana sekaligus karena memang segmen penggunanya berbeda dan butuh perlakuan khusus,” lanjut Rita.

Lebih khusus, ia pun menjelaskan bahwa ketiga kartu perdana ini ditujukan untuk menggarap konsumen yang merupakan masyarakat dengan penghasilan terbatas, seperti pedagang kaki lima, pekerja harian, hingga tukang ojek. “Kalau dilihat dari piramida, di segmen bawah adalah segmen yang sangat kuat, namun sayang belum semua dilirik oleh produk-produk telekomunikasi yang saat ini ada di pasaran,” tambahnya.

Menurut dia, segmen masyarakat tersebut sangat memperhatikan nilai uang yang dikeluarkan. Selain itu, mereka juga membutuhkan layanan yang praktis dan mudah digunakan. Masyarakat tersebut pun dipandang cenderung tidak mempunyai dana dan waktu lebih untuk menggunakan layanan jaring sosial. Dengan kata lain, layanan telekomunikasi yang digunakan hanya sebatas telepon dan SMS. “Mereka benar-benar tipe pekerja keras dan menggunakan teleponnya untuk sesuatu yang dibutuhkan,” terang Rita.

Selain itu, Esia pun berusaha memanjakan pelanggannya dengan sejumlah kelebihan yang ditawarkan kartu perdananya. Misalnya, pada kartu perdana “Nelpon GSM 100% Balik Pulsa”, pengguna yang melakukan isi ulang minimal Rp 10.000, maka bisa mendapatkan kembali jumlah pulsa senilai pulsa yang dihabiskan baik ke telepon GSM lokal maupun ke nomor Esia lainnya. Pulsa yang didapat pun bisa digunakan untuk menelepon atau SMS ke nomor operator lainnya, baik CDMA, GSM, dan telepon rumah.

“Bahwa tahun ini, Esia akan memberikan produk-produk yang tentunya lebih dekat dengan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan," tutur Adita Widyansari, Head of Customer Centric Management PT Bakrie Telecom Tbk menambahkan. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)