Lawyer dan Kontraktor Dominasi Pembelian Mobil Mewah

Lima atau 10 tahun lalu mungkin jarang terlihat mobil-mobil merek Lamborgini, Porche, Jaguar, dan Bentley meluncur di jalanan Indonesia. Namun, kondisi tersebut telah berubah. Tak jarang dijumpai mobil merek dengan harga miliaran rupiah berseluncur di jalanan. Bahkan,  sudah ada klub mobil dari salah satu merek tersebut.

Bentley

Sebenarnya, seperti apa gambaran penjualan mobil mewah di Indonesia. Bagaimanakah  gambaran pasar untuk penjualan mobil tersebut. Lalu, apa yang menjadi kendala dalam memasarkan mobil impor ini. Benarkah, Indonesia memiliki prospek menjanjikan dalam penjualan mobil mewah. Berikut wawancara Reporter SWA Mochamad Januar Rizki dengan Darwin Maspolim, Chief Operating Officer PT Grandauto Dinamika sebagai produsen tunggal mobil mewah merek Land Rover, Jaguar dan Bentley.

Bagaimana gambaran penjualan mobil mewah di Indonesia?

Indonesia walaupun beberapa tahun terakhir sudah menembus 1 juta unit namun segmen itu adalah mobil di bawah harga Rp 150 juta. Untuk mobil mewah sendiri yang super luxury volumenya sangat sedikit. Secara total, menurut saya, tidak sampai seribu unit. Tapi untuk pelanggan mobil mewah mendapatkan pelayan terbaik. Selama lebih 15 tahun Grandauto melayani penjualan mobil mewah tiap tahun mengalami pertumbuhan meskipun ada dinamika naik turun juga. Namun secara total pertumbuhan penjualan mobil mewah mengalami kenaikan hingga double digit.

Siapa saja yang menjadi pasar dalam penjualan mobil-mobil ini? Apakah ada pergeseran pembeli dalam beberapa tahun terakhir?

Tentunya pembeli mobil mewah yang kami tangani adalah orang-orang yang merupakan pemilik korporat-korporat besar di Indonesia. Mengenai pergeseran atau perubahan pembeli juga mengalami perubahan. Kini orang-orang yang membeli mobil mewah ini merupakan individu-individu baru yang berlum dikenal. Misalnya, seperti kontraktor hingga lawyer.

Bagaimana tanggapan Anda mengenai kenaikan Pajak Penjualan Barang Mewah (Ppn BM)?

Ini akan berdampak pada harga jual mobil yang semakin melonjak. Kendala yang kami alami salah satunya adalah keniakan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPn BM) yang mencapai 150 persen. Hal ini menjadi hambatan dan pukulan untuk kami. Kami sendiri belum ada pengkalkulasian mengenai gambaran ke depan. Pastinya, itu akan memberatkan kami sebagai penjual dalam beberapa tahun ke depan. Namun, kami yakin dalam jangka waktu panjang, penjualan akan tetap meningkat.

PT Grandauto sendiri sebagai salah satu penjual mobil mewah di Indonesia, bagaimana gambaran peningkatan penjualan hingga 2013?

Peningkatan penjualan kami sangat eksponensial. Misalnya, mobil merek Land Rover yang baru datang di tahun ini peningkatan penjualan hingga 800 persen. Mobil paling banyak terjual sendiri adalah Land Rover, lalu Jaguar dan terakhir Bentley. Ini karena Bentley harganya paling tinggi di antara merk lain yang kami jual.

Bagaimana persaingan penjualan mobil mewah itu sendiri di Indonesia?

Persaingan pasti ada. Tapi dengan datangnya mobil Bentley terbaru, persaingan penjualan semakin tidak ada. Kami juga penjual atau distributor tunggal untuk mobil Land Rover, Jaguar dan Bentley. Sehingga untuk kelas merk tersebut persaingan tidak ada. Tapi untuk persaingan dengan mobil mewah merk lainnya pasti ada.

Ke depan, apa yang akan dilakukan PT Grandauto Indonesia dalam mengembangkan penjualan mobil mewah di Indonesia?

Kami akan membangun galeri penjualan mobil setinggi tiga lantai di Pondok Indah. Ini kami lakukan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan. Pembangunan ini adalah salah satu bentuk keyakinan kami prospek penjualan mobil mewah di Indonesia akan berkembang. Ini kami perkirakan karena Indonesia adalah target negara untuk penjualan mobil mewah. Setelah di Eropa sudah tidak mengalami pertumbuhan. (EVA)

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)