Komitmen Zalora Meningkatkan Pelayanan Pelanggan

Suasana Gudang Zalora Indonesia di Cijantung Suasana Gudang Zalora Indonesia di Cijantung

Mendapatkan barang yang dipesan dengan cepat pada hari yang sama barang dibeli via online adalah keinginan hampir semua online buyer. Tidak banyak yang bisa mewujudkan itu. Zalora menghadiahi pelanggannya di ultahnya yang ke-3 dengan mewujudkan harapan itu, melalui layanan Same Day-Delivery.

Hal ini diyakinkan Fredrik Thomassen, CEO Zalora Indonesia, pihaknya bisa mewujudkan hal itu dengan baik saat diajak melakukan kunjungan ke gudang Zalora di kawasan Cijantung. Di atas tanah seluas 5-6 ribu m2 seluruh order pelanggan melalui online diproses, lalu dikemas dan dikirim. “Awalnya kami merasa gudang ini terlalu luas, ternyata saat ini justru terasa sempit dengan pertumbuhan 3 kali lipat dari sejak gudang ini ditempati setahun lalu,” imbuhnya. Maka itu rencananya beberapa bulan lagi, pihaknya akan memindahkan gudang ini ke daerah Cibitung dengan luas 3 kali lipat dari yang sekarang.

Setidaknya Zalora mencatat 1.000-1 200 transaksi perhari untuk pembelian barang dengan harga berkisar puluhan ribu hingga jutaan rupiah. “Konsumen Indonesia termasuk konsumtif, kalau puas, dalam hitungan tidak ada seminggu dia bisa order lagi,” imbuh Afdita Sari, Manajer Humas Zalora Indonesia. Maka tidak heran diamini Fred, volume order di Indonesia lebih tinggi dibanding negara-negara lain di Asia. Namun demikian dari segi nilai pembelian, Singapura menempati posisi teratas.

Fredrik Thomassen, CEO Zalora Indonesia Fredrik Thomassen, CEO Zalora Indonesia

Menjawab tingginya volume transaki pembelian di Indonesia, Zalora yang kini toko online-nya dikunjungi 7 juta pengunjung setiap bulannya, dengan solusi pengiriman cepat dengan sepeda motor terutama untuk wilayah Jakarta, Depok dan Bekasi. “Setelah terima order, masuk komputer, gudang mencari barangnya, kami bisa kirim barangnya dengan motor agar lebih cepat. Mereka dilengkapi dengan mesin EDC mobile sehingga pembayaran melalui kartu kredit dan debit bisa dengan mudah dilakukan,” imbuh Fred.

Sedangkan  untuk order dari wilayah lain di luar Jabodetabek, dari gudang tersebut, yang merupakan national distribution center, barang dikirim ke hub-hub yang ada di 15 lokasi di seluruh Indonesia. Saat ini Zalora Indonesia menggunakan lima perusahaan logistik untuk membantu pengiriman antaranya Pandu Logistik, JNE, milik sendiri dan sebagainya.

Sejak awal, pihaknya memahami bahwa untuk menjadi sukses, Zalora perlu menginvestasikan waktu dan usaha untuk lebih memahami pasar Asia Tenggara yang lebih kompleks dan terpisah-pisah serta dampaknya terhadap operasional, penawaran konten, dan hak distribusi. Dalam dua tahun pertama, Zalora berinvestasi dengan memiliki gudang lokal sendiri dan mengoperasikan armada dan tim kurir sendiri untuk pengiriman. Dengan membentuk tim lokal yang kuat yang memahami selera dan nuansa lokal di setiap pasar, Zalora mampu memastikan bahwa strategi yang dilakukan dapat menarik bagi masyarakat, pengiriman dapat dilakukan dengan cepat, dan produk-produk baru dapat ditayangkan dalam waktu sesingkat mungkin.

Zalora memiliki layanan Same-Day Delivery, sebuah pilihan layanan pengiriman di hari yang sama sebagai bagian dari komitmen Zalora untuk kepuasan pelanggan. Fasilitas layanan khusus seperti ini ada sebagai tambahan untuk layanan customer-centric lainnya seperti free-delivery untuk order di atas Rp250 ribu dan layanan Cash on Delivery di 115 kota di seluruh Indonesia. Peluncuran layanan Same-Day Delivery terdapat lima kota besar di wilayah Asia Tenggara - Ho Chi Minh City, Jakarta, Singapura, Manila dan Bangkok – layanan ini merupakan yang pertama bagi pelaku fashion online di Asia.

Melalui Zalora Same-Day Delivery, Zalora secara efektif dapat menurunkan jumlah waktu yang diperlukan bagi pelanggan untuk menerima pesanan mereka setelah menempatkan order di situs Zalora. Dengan fasilitas ini, Zalora memberikan kedekatan bahwa pelanggan dapat merasakan pengalaman belanja dengan peritel tradisional, sekaligus dengan tambahan kenyamanan dan aksesibilitas belanja online. Pada tahun 2015 ini, Zalora berencana untuk memperluas opsi layanan Same-Day Delivery untuk semua pasar di seluruh Asia Tenggara.

“Banyak hal yang terjadi selama tiga tahun – bagi kami, kami telah berlari dengan sangat cepat, berperilaku lebih cerdas, dan tumbuh lebih besar. Kami beruntung dapat mengembangkan Zalora menjadi seperti saat ini dalam kurun waktu yang singkat, dengan terus meningkatkan penawaran produk kami, layanan proposisi dan kepuasan para pelanggan. Setiap hari kami selalu melangkah lebih dekat untuk memberikan perubahan fashion sekaligus memberikan lebih banyak kesempatan kepada konsumen untuk mengakses fashion brand terbaik secara global, regional, dan lokal di Zalora hanya dalam beberapa klik,” ujar Michele Ferrario, Managing Director Zalora.

Sayang Fred menolak menyebut angka tepat berapa pertumbuhan bisnis Zalora Indonesia, ia meyakinkan pertumbuhan tahun ini akan dicapai dobel digit, sama seperti yang terjadi tahun lalu. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)