Lebaran dan Libur Sekolah, Blibli.com Yakin Penjualan Naik 300%

Memasuki bulan Juli nanti, bagi sebagian industri, akan menjadi waktu yang tepat untuk meningkatkan penjualan. Hal tersebut dikarenakan bertemunya tiga momen yaitu puasa Ramadhan, liburan sekolah dan persiapan jelang hari raya Lebaran. Salah satu industri yang mendapatkan keuntungan ini adalah e-commerce, seperti Blibli.com.

Menurut Kusumo Hartanto, CEO Blibli.com, pihaknya yakin pertemuan tiga momen tersebut akan mendongkrak penjualan mereka hingga 3 kali lipat “Kami yakin kalau kami bisa menggarap dengan baik, peningkatan penjualan di bulan Juni hingga Juli bisa naik 2-3 kali lipat dibanding bulan-bulan sebelumnya,” ungkap Kusumo. Menurutnya, memang secara umum kondisi ekonomi Indonesia sedang melemah, tetapi untuk merayakan Lebaran dan liburan sekolah, umumnya masyrakat sudah menyediakan dananya jauh hari sebelumnya.

Blibli dan Nike

Adapun produk yang meningkat penjualannya selama liburan sekolah dan jelang lebaran adalah produk perlengkapan anak seperti baju dan sepatu serta produk elektronik seperti televisi, kulkas dan AC. Selain tentunya produk pakaian muslim.

Kusumo mengaku, untuk mengantisipasi kunjungan yang akan membludak jelang Lebaran, pihaknya telah membangun sistem yang mampu menghadapi lonjakan akses “Kami sudah berpengalaman menghadapi lonjakan pengunjung seperti saat menjual tiket konser, dan sistem kami sudah terbukti bisa menanggulanginya,” jelas Kusumo. Selain itu untuk stok dan pengiriman juga telah dipersipakn tambahan personil. Khusus untuk pengiriman, selain bekerjasama dengan perusahaan jasa logistik, menurut Kusumo pihaknya juga telah menyiapkan logistik internal yaitu Blibli Express.

Selain bersiap menghadapi momen-momen besar tersebut, Blibli.com juga menambah gerai baru dalam daftar tenant mallnya, yaitu official partner online store dari produk apparel olah raga Nike. “ Tahun lalu, di Blibli.com penjualan produk Nike tumbuh 4 kali lipat dibanding tahun sebelumnya, inilah salah satu alasannya kmai bekerja sama dengan pihak Nike untuk membuka toko online resminya,” jelas Kusumo.

Produk Nike, selalu menjadi leader diantara produk-produk perlengakap olah raga, “ Jadi dengan tambahan koleksi yang makin banyak ini, kami yakin akan bisa menggarap section2 yang lain contohnya training, football, futsal, dan aksesoris. Nah, dengan kerjasama yang resmi seperti ini kami juga akan punya akses lebih ke produk-produk terbaru Nike,” ujar Kusumo.

Nike sendiri telah bertahun-tahun menjadi bagian dari gaya hidup berolahraga di keseharian masyarakat Indonesia melalui jaringan toko offline. “Kini kami melihat Blibli.com sebagai situs mal online yang berkembang pesat selama empat tahun ini, sehigga kerjasama ini akan mendukung distribusi Nike lebih menyebar, bahkan bisa ke pelosok daerah dimana toko offline kami tidak ada,” kata Juan Evangelista, Commercial Director Nike Indonesia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)