Lisensi Perangkat Lunak, Tumpuan Bisnis BlackBerry

BlackBerry mengumumkan laporan keuangan untuk kuartal kedua tahun fiskal 2016 yang berakhir pada 29 Agustus 2015. Pendapatan non-GAAP adalah US$ 491juta dengan pendapatan GAAP dari US$ 490juta.

Pendapatan GAAP mencerminkan pencatatan akuntansi untuk pembelian sebagai pendapatan tertahan terkait dengan akuisisi WatchDox. Rinciannya, 15% untuk perangkat lunak dan jasa, 41% untuk hardware, dan 43% untuk biaya akses layanan (SAF).

BlackBerry mendapatkan 2.400 pengguna enterprise baru di kuartal ini. Sekitar 60% dari lisensi terkait dengan penawaran ini merupakan lisensi untuk multi-platform.

Selama kuartal kedua, BlackBerry mencatatkan pendapatan dari hardware dari penjualan lebih dari 800.000 ponsel pintar dengan ASP sekitar US$240.

Selama kuartal fiskal kedua tersebut, perusahaan ini terus menunjukkan kemajuan di metric utama keuangan termasuk pertumbuhan software, EBITDA dan arus kas bebas.

BlackBerry

Pendapatan Non-GAAP untuk perangkat lunak dan jasa sebesar USD74 juta, meningkat 19 persen dibandingkan Q2 FY15 didorong oleh pertumbuhan dari pendapatan lisensi perangkat lunak sebesar 33 persen.

“Saya yakin pada strategi kami dan peningkatan yang berkesinambungan, tergambar pada empat kuartal berturut-turut dari tahun ke tahun dengan pertumbuhan dua digit dari pendapatan lisensi perangkat lunak dan enam kuartal berturut-turut mendapatkan arus kas bebas positif,” kata Executive Chairman dan Chief Executive Officer John Chen dalam rilisnya.

Dalam rangka memperluas perangkat lunak dan layanan multi-platform, vendor teknologi asal Kanada itu berinvestasi secara strategis dan organik melalui produk dan layanan baru yang tersedia pada platform BES, dan melalui akuisisi seperti ATHOC dan Good Technology.

Selain itu, BlackBerry juga fokus untuk berkompetisi dalam bisnis handset, dengan rencana untuk meluncurkan Priv, sebuah perangkat berbasis Android .

“Priv menggabungkan yang terbaik dari sistem keamanan BlackBerry dan produktivitas dengan ekosistem aplikasi mobile yang besar yang tersedia pada platform Android,” kata Chen.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)