Luncurkan The New Cayman, Porsche Targetkan Penjualan 30 Unit

Perusahaan mobil asal Eropa, Porsche, meluncurkan mobil sport Cayman terbaru. Mobil ini diklaim lebih ringan dan irit dalam mengonsumsi bahan bakar dari model sebelumnya.

Peluncuran The New Cayman oleh Porsche, di Jakarta, Selasa (19/3/2013).

“Saya sangat yakin Cayman akan sukses di Indonesia,” sebut Christoph Choi, General Manager Porsche Indonesia, di Jakarta, Selasa (19/3/2013).

Porsche mengumumkan bahwa mobil Cayman baru yang muncul dalam dua versi, yakni Cayman dan Cayman S, memiliki beban 30 kilogram lebih ringan. Namun, ini tergantung pada model dan peralatannya secara spesifik. Mobil ini juga mengonsumsi bahan bakar hingga 15 persen lebih sedikit per 100 kilometer dibandingkan dengan model sebelumnya. Padahal kendaraan ini memiliki mesin yang lebih kuat dan kinerja berkendara yang lebih baik. Selain itu, bodi kendaraan Cayman lebih kaku 40 persen, sehingga lebih menegaskan kesan sporty.

Model dasarnya diperkuat dengan mesin enam silinder flat 2,7 liter dengan tenaga sebesar 275 tenaga kuda (202 kW). Mesin ini dapat berakselerasi dari nol hingga 100 kilometer per jam dalam 5,4 detik tergantung pada peralatannya. Dan mobil dapat mencapai kecepatan maksimum sampai 266 kilometer per jam.

Sementara itu, mesin 3,4 liter Cayman S dapat menghasilkan kekuatan sebesar 325 tenaga kuda (239 kW). Akselerasi terbaik dari saat mobil diam hingga mencapai kecepatan 100 kilometer per jam adalah 4,7 detik dengan fitur-fitur yang mendukung. Cayman S pun bisa mencapai kecepatan maksimal hingga 283 kilometer per jam.

Kedua mobil sport kupe ini juga dilengkapi dengan manual standar transmisi enam gigi. Adapun transmisi Porsche Doppelkupplungsgetriebe (PDK) dengan tujuh gigi merupakan sebuah opsi, di mana transmisi ini membuat akselerasi lebih cepat dan penggunaan bahan bakar yang semakin ekonomis.

Porsche juga melengkapi fitur-fitur opsional untuk pilihan upgrade bagi Cayman. Sebagai contoh, mobil sport kupe ini sekarang untuk pertama kalinya tersedia dengan Adaptive Cruise Control (ACC), merupakan fitur yang mengendalikan jarak kendaraan dengan kendaraan yang di depan, baik di tengah lalu lintas dan kecepatan kendaraan, serta sistem audio Burmester yang khusus disiapkan untuk model ini. Fitur baru Cayman adalah sistem Entry & Drive tanpa kunci, yang juga tersedia sebagai opsi.

Mengenai harga, pihak Porsche enggan menyebutkan angkanya. Perusahaan beralasan, mobil sendiri baru saja tiba, dan masih ada proses yang harus diselesaikan. Ditambah, harga mobil bisa berbeda sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan konsumen juga nilai tukar. “Di Eropa sendiri, harga Cayman yang baru EUR 65 ribu, yang nanti kalau masuk (ke Indonesia bisa) dipengaruhi bea masuk, dan sebagainya,” tambah I Made Sujana, After Sales Manager Porsche Indonesia.

“Target (penjualan) untuk Cayman yang baru, kita prediksi sekitar 20-30 unit untuk bisa kita jual karena kita masih lihat respons market,” imbuh dia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)