Majukan Golf Nasional, Indonesia Open 2013 Digelar

Tahun 2013 adalah waktu yang ditunggu-tunggu bagi pecinta olah raga golf. Pasalnya, tahun ini Asian Tour akan merayakan sebuah momentum bersejarah dengan menyelenggarkan musim pertandingan ke-10-nya. Kejuaraan Nasional Indonesia, Persatuan Golf Indonesia (PGI), Asian Tour dan IMPL telah menandatangani kerja sama selama tiga tahun di bulan Desember tahun lalu untuk mengadakan turnamen dari tahun 2013 hingga seterusnya.

indonesia open

Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan status Indonesia Open dan membantu mengembangkan pegolf junior, dan mempromosikan olah raga golf Indonesia dalam mengembalikan keikutsertaan tim cabang olah raga golf kita ke dalam ajang Olimpiade 2016 mendatang.

“Kami sangat senang menyambut kehadiran para pegolf kelas dunia seperti Retief Goosen, Thongchai Jaidee dan Pablo Larrazabal di ajang Indonesia Open 2013 mendatang, ”ujar  Arifin Panigoro, Ketua Persatuan Golf Indonesia (PGI), yang merupakan asosiasi pegolf nasional, yang menjadi otoritas tunggal atas pegolf amatir nasional di Indonesia.

Indonesia Open 2013, dengan total hadiah sebesar US$ 750 ribu ini akan menghadirkan para pemain yang akan menjadi pusat perhatian yaitu pemenang dua kali pertandingan golf utama yaitu Retief Goosen  dan pemenang tiga kali tur golf yaitu Pablo Larrazabal. Mereka  akan ditemani oleh jagoan Tur Asia lainnya seperti Thongchai Jaidee dan pegolf handal Indonesia Rory Hie dari 28 November hingga 1 Desember 2013 mendatang di Damai Indah Golf Pantai Indah Kapuk.

Retief Goosen  merupakan pegolf yang berasal dari Afrika Selatan,  telah menikmati hampir setahun penuh keberhasilan sekembalinya berlaga di bulan Januari lalu, setelah lima bulan beristirahat akibat cedera punggung yang dialaminya. Pemenang dua kali US Open di tahun 2001 dan 2004 ini, telah berhasil merebut lebih dari 40 gelar golf profesional sejak menjadi pegolf pro di tahun 1990 dan menjadi 10 besar the Official World Golf Ranking selama lebih dari 250 minggu dari tahun 2001 hingga 2007.

“Saya telah bermain dalam beragam turnamen di Asia selama beberapa tahun belakangan dan selalu menikmati kesempatan untuk bermain di kawasan ini di depan para penggemar Asia yang selalu memberikan dukungan hangat terhadap saya” ujar  Goosen yang dikenal dengan sebutan  ‘The Iceman”.

Selain Goosen, pegolf unggulan asal Spanyol, Pablo Larrazabal juga berharap dapat menyelesaikan tahunnya dengan keberhasilan setelah kesuksesannya di musim pertandingan tahun 2011 dan 2012. Ketika ia mencatatkan dua kemenangan di European Tour dan dua kali menjadi urutan kedua selesai secara berturut-turut. Menjadi pegolf pro di tahun 2004, kemenangan yang dimiliki penduduk Barcelona ini, semuanya didapatkan di wilayah Eropa, yaitu di Jerman, Perancis dan Spanyol.

Juga,Thongchai Jaidee yang saat ini berusia 43 tahun, telah memenangkan turnamen bergengsi ini di tahun 2009 lalu, adalah pegolf berperingkat tertinggi di Asia Tenggara di The Official World Golf Ranking (OWGR) dan menjadi nomor dua di seluruh Asia. Sebagai salah satu pegolf Asia yang paling konsisten dalam setiap tur, Thongchai adalah satu-satunya pegolf yang memenangkan Asian Tour Order of Merit crowns sebanyak tiga kali, masuk dalam seleksi dalam dua pertandingan utama Open Championship dan PGA Championship, dan mencatatkan 10 pegolf yang mencapai garis akhir terbaik The Omega European Masters-Swiss. Ia sangat menantikan kesempatan untuk bermain di Asia kembali, dimana ia pernah memenangkan Indonesia Open empat tahun lalu.

Tak kalah bagusnya pegolf lokal penantang akan dipimpin oleh Rory Hie, yang pernah menduduki peringkat pertama, dalam the Indonesia PGA dan terpilih menjadi Player of the Year tahun 2011 dan 2012. Sebelum menjadi pegolf pro di tahun 2008, pegolf kelahiran Balikpapan ini, mencapai peringkat keenam di World Amateur Rankings dan menjadi peringkat pertama junior Amerika Serikat. Ia telah mencatatkan keberhasilan yang memukau tahun ini, memenangkan 2013 Road to Panasonic Open Series dan menjadi peringkat kedua dalam the Asian Development Tour PGM Terengganu Masters.

Indonesia Open yang telah dimulai sejak tahun 1974 ini, meningkatkan peringkat para pegolf profesional dunia seperti almarhum pegolf Amerika Payne Stewart, Frank Nobilo dari New Zealand, legenda golf Filipina Frankie Minoza, pegolf Australia Craig Parry, pegolf Taiwan Lu Chien-soon, pegolf Myanmar Mya Aye dan duo pegolf Thailand Thongchai Jaidee dan Thaworn Wiratchant, yang keduanya merebut gelar Asian Tour Order of Merit champions. (Nidaaul Khasanah)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)