Makna Sejati Zalora Style Awards 2017

Situs e-commerce fesyen Zalora  kembali menggelar Zalora Style Awards untuk yang kedua kalinya bertempat di O2 Sky Club, Jakarta beberapa waktu lalu (24/3). Menariknya, CEO Zalora Indonesia Anthony Fung mengaku pergelaran tersebut bukan dimaksudkan untuk menggenjot penjualan. “Memang bukan menggenjot sales. Tujuannya ada dua, pertama merayakan ulang tahun ke lima Zalora Indonesia. Kedua merayakan para influencer fashion di Indonesia yang membuat industry fashion semakin siginfikan di Indonesia. Intinya kami ingin merayakan kesuksesan bersama-sama,” jelas Anthony ketika diwawancara SWA di sela-sela acara.

Para pemenang ZSA 2017 berfoto bersama manajemen Zalora

Acara ZSA pun tak hanya diadakan di Indonesia saja melainkan juga dilaksanakan di Hong Kong, Taiwan, Malaysia dan Filipina. Dalam ZSA 2017 di Jakarta, ZALORA bekerja sama dengan BNI dan Samsung. Perwakilan BNI menyerahkan penghargaan kategori Young Fashion Designer of the Year kepada desainer muda berbakat di Indonesia.

Sementara perwakilan Samsung menyerahkan kategori Fashion Game-Changer of The Year.  “Sesuai dengan para pengguna Galaxy A (2017) yang kami sebut sebagai Aspiring Pioneers, kami ingin turut serta mendukung kalangan muda yang terus memberikan inspirasi dan kali ini dalam dunia fashion,” ujar Vebbyna Kaunang, Marketing Director IT&Mobile Samsung Electronics Indonesia.

Panel juri untuk ZSA 2017 termasuk sosok fesyen ternama di Indonesia seperti digital influencer dan entrepeneur Olivia Lazuardy, fotografer Raja Siregar, model Kelly Tandiono, dan direktur pemasaran Zalora Jo Bjordal. Adapun lima pemenang kategori yang dibesut ZSA 2017 mencakup, Elizabeth dan Maria Rahajeng untuk kategori Fashion Game-Changer of the Year, Ajeng Svastiari untuk  Stylist of the Year, Tangan dalam Young Designer of the Year, Caroline Robianto di kategori Female Style Star of the Year, dan terakhir Tarra Budiman sebagai pemenang Male Style Star of the Year. Selain trofi, para pemenang ZSA 2017 turut memboyong New Galaxy A7 2017 terbaru.

Dalam sesi wawancara  Anthony lebih lanjut memaparkan, Zalora yang menjual 90 ribu item fesyen di situsnya sangat mendorong perkembangan merek fesyen local Indonesia. Dirinya pun sempat memberi saran agar merek local dapat bersaing dengan kompetitornya dari mancanegara. Pertama, merek local harus memiliki produk dengan kualitas berstandar internasional. Kedua, memiliki keunikan yang tidak ditemukan di merek internasional. “Jadi mereka harus memiliki kualitas yang bersaing dengan merek internasional seperti Mango dan Zara namun menawarkan keunikan yang berbeda yang tidak ditemukan di merek internasional,” ujarnya seraya menyebut busana wanita masih menjadi kontributor penjualan terbesar di situsnya.

Strategi Zalora

Adapun di tahun 2017 ini Zalora memiliki sejumlah strategi dalam menggenjot kinerjanya. Di antaranya akan memboyong lebih banyak merek internasional seperti Abercrombie&Fitch, Hollister, Under Armour dan CR7, lini busana yang dibesut oleh pesepak bola kenamaan Cristiano Ronaldo. Selain itu Zalora akan memperkuat pengembangan aplikasi mobile agar menjadi lebih terpersonalisasi. “Jadi jika anda suka sport, anda akan melihat lebih banyak produk sport dalam perangkat anda,” singkat Anthony.

Selain itu, Anthony juga mengungkapkan bahwa produk olah raga menjadi salah satu produk yang kinerjanya sangat melesat di 2016. Menurutnya, saat ini orang memakai produk olah raga tak lagi semata demi menunjang aktivitas menjaga kebugaran tubuh, melainkan sebagai gaya hidup. Sehingga orang memakai produk olah raga seperti sepatu dan kaus maupun celana olah raga ke kantor maupun saat bersantai di restoran maupun klub malam.

Adapun sampai saat ini produk sepatu olah raga lari masih menjadi kontributor utama di kategori tersebut. “Sepatu lari nomor satu dalam kategori olah raga. Khususnya performance shoes. Karena jika orang sudah cinta olah raga, mereka ingin berinvestasi lebih dalam produk sport berkualitas seperti sepatu lari,” paparnya.

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Raih Pendanaan, Palapa Ring Paket Timur Selesai 2019

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan pembiayaan program pembangunan infrastruktur jaringan tulang punggung serat optik Palapa Ring Paket Timur telah...

Close