Mantan Petinggi Militer Jadi Bos Freeport

Freeport McMoran menunjuk Chappy Hakim sebagai sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI). Chappy akan menggantikan posisi Maroef Sjamsoeddin yang mengundurkan diri beberapa waktu lalu.

Vice President (VP) Corporate Communications Freeport Indonesa Riza Pratama telah mengkonfirmasi hal tersebut. "Pak Chappy Hakim akan ditunjuk sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia," katanya, Ahad, 20 November 2016.

chappyhakim (Foto: lanudhlm-tniau.mil.id)

Riza menyatakan penunjukan tersebut dilakukan setelah Freeport berkonsultasi dengan pemerintah Indonesia. "Saat ini sedang dalam proses untuk memperoleh persetujuan resmi dari pemegang saham," katanya.

Chappy Hakim bukan orang baru di Freeport. Ia sudah menjadi penasihat senior PTFI sejak Agustus 2016. Sebelumnya, ia merupakan pilot di Angkatan Udara Indonesia. Jabatan militer terakhirnya adalah sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) dengan pangkat marsekal (bintang empat).

Informasi pemilihan Chappy Hakim sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia bermula dari beredarnya Interoffice Memorandum dari President and Chief Executive Officer Freeport McMoran, Richard C. Adkerson. Dalam memo bertanggal 19 November 2016 itu, ia menyatakan, "Dengan gembira saya mengumumkan bahwa Chappy Hakim akan ditunjuk sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia."

Dalam memo itu, Adkerson juga menuliskan beberapa prestasi Chappy Hakim. Selain memiliki karier moncer di militer, Chappy pernah menjabat sebagai Ketua Tim Nasional Evaluasi Keselamatan dan Keamanan Transportasi, anggota staf ahli Menteri Perhubungan, dan penasihat di Asosiasi Aircraft Component Kementerian Perindustrian. Lulusan Akabri Udara 1971 itu juga merupakan kolumnis dan pembicara di berbagai seminar baik nasional maupun internasional. "Lebih dari 15 buku tentang penerbangan dan pertahanan telah dihasilkannya," kata Adkerson.

Tempo

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)