Matahari Departement Store Tambah Jalur Distribusi Online

Direktur Merchandising dan Marketing Matahari Departement Store (MDS), Christian Kurnia, mengatakan, pihaknya masih memerlukan ratusan gerai fisik toko Matahari untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Pasalnya, sampai saat ini, tercatat hanya 148 gerai fisik Matahari dari 400 gerai fisik yang dibutuhkan.

“Saat ini pelanggan setia kami mencapai 3,5 juta orang. Hal ini dapat dilihat dari jumlah kepemilikan kartu member Matahari. Dengan demikian, sebetulnya masih banyak peluang yang dapat kami gali,” kata Kurnia dalam peluncuran situs e-Commerce Mataharistore.com, di Jakarta.

img_8591

Gerai fisik MDS saat ini tersebar di 68 kota di Indonesia. Kurnia mengungkapkan tahun ini pihaknya telah membuka 8 gerai baru. Hal tersebut untuk penetrasi pasar yang lebih luas. Maklum,  MDS memerlukan jaringan yang lebih luas untuk menggapai konsumen. Saat ini, konsumen mulai bergeser dengan berbelanja melalui perangkat gawai yang mereka miliki.

“Tren dagang elektronik membuat kami melihat ada peluang untuk menggarap saluran online lebih serius lagi. Di beberapa kota, ada pelanggan yang kesulitan mencari produk kami karena tidak tersedianya gerai fisik,” jelas Kurnia.

Keputusan MDS meluncurkan MatahariStore.com, menurut Kurnia, merupakan bentuk ekspansi yang selama ini belum digarap secara serius. Selain itu, produk-produk fashion yang dijajakan Matahari melalui situs mataharimall.com diklaim memiliki banyak peminat.

“Kami bekerja sama dengan pihak Mataharimall.com terkait infrastruktur online sehingga teknologinya lebih siap dan biaya investasi yang dikeluarkan lebih rendah,” kata Kurnia.

Senada dengan pihak MDS, CEO Mataharimall.com, Hadi Wenas, mengatakan pihaknya memang melakukan kerja sama dalam hal infrastuktur teknologi. Namun, keduanya tetap memiliki manajemen yang berbeda. “Bayangkan Mataharimall.com adalah mallnya. Matahari store adalah tenant besar yang ada di dalam mall. Jadi bisa masuk secara langsung maupun lewat mall,” jelas Hadi.

Hadi mengungkapkan,  selama perjalanan situs yang dipimpinnya, MDS merupakan tenant yang berkontribusi besar untuk menarik pengunjung. Dengan adanya Mataharistore.com, ia berharap konsumen akan merasakan pengalaman yang berbeda layaknya berbelanja di gerai fisik matahari.

Adapun terkait rubrik fashion di Mataharimall.com, Hadi mengatakan tidak akan ada perubahan. Pasalnya, barang yang dijajakan keduanya memang berbeda. Mataharistore.com menjajakan produk-produk dalam negeri yang juga tersedia di gerai fisik toko Matahari.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)