Mayora Indah: Produknya Merajai Pasar Dunia

PT Mayora Indah sudah lama dikenal sebagai kampiun ekspor produk-produk konsumsi dengan tujuan ekspor ke sekitar 80 negara. Bukan cuma  mengekspor, produk-produknya pun mampu merajai pasar di negara tujuan ekspor. Kopiko, misalnya, merajai permen kopi di pasar Tiongkok, Filipina dan Polandia. Tak aneh jika Mayora pun dianugerahi Top 100 Eksportir 2014. Apa rahasia kehebatan Mayora dalam menembus pasar global? Ricky Afrianto, Global Marketing Director PT Mayora Indah Tingkat dan   Awin Sirait, Global Category Head for Cookies PT Mayora Indah Tbk., menjelaskannya kepada Ario Fajar dari SWA Online berikut ini:

Ricky, Mayora Indah Ricky Afrianto, Global Marketing Director PT Mayora Indah Tbk

Bagaimana tanggapan Anda masuknya Mayora Indah ke dalam Top 100 eksportir 2014? 

Pastinya kami merasa bangga dan bahagia atas apresiasi yang diberikan. Pencapaian ini tidak luput dari peran para pimpinan, karyawan, mitra kerja, dan pastinya konsumen kami.

Apa yang menjadi kekuatan Mayora

Pertama, produk.Kami berpedoman tinggi terhadap kualitas, diferensiasi dan inovasi produk. Kami percaya hal tersebut tidak sekedar menjawab kebutuhan konsumen, tetapi juga menjaga competitive edge kami dalam persaingan. Kedua, people. Kami percaya sumber daya manusia atau talentayang andal adalah aset yang secara strategis dapat menjaga ekosistem perusahaan guna mendorong pertumbuhan bisnis yang sustainable. Ketiga, proses.

Dengan memiliki bisnis proses yang terstruktur, membuatkami lebih cepat dan efektif dalam mengambil keputusan sehingga produk kami pun lebih tepat dan cepat sampai ke konsumen. Keempat, brand. Merek-merek andalan kami seperti Roma, Torabika, Beng-Beng, Astor dan masih banyak lagi, adalah merek yang memiliki unsur heritage yang kuat, yang mampu membuat ikatan emosional di hati konsumen sehingga dapat bertahan di top of mind konsumen sampai saat ini.

Mayora Ricky

Apa saja yang manajemen lakukan untuk meningkatkan ekspor? 

Pertama, fokus geografis, dalam hal ini memetakan negara-negara yang memiliki potensi pasar besar, yang dapat memberikan dorongan pertumbuhan secara signifikan.  Kedua, investasi dalam penelitian konsumen, guna memahami secara mendalam sikap dan perilaku konsumen untuk mengidentifikasi kebutuhan yang berbeda di setiap negara. Ketiga, investasi sumber daya manusia, high profile local talent recruitment. Keempat, investasi infrastruktur seperti membangun sistem jaringan distribusi di negara bersangkutan untuk mencapai more effective route to market.

Apa saja tantangan ekspor yang kerap dihadapi?Bagaimana menjawab tantangan itu?

Tantangan utama yang kami hadapi adalah memahamisecara mendalam akan kebutuhan konsumen yang berbeda di setiap negara dan bagaimana kami secara efektif dapat memosisikan merek-merek yang kami miliki guna menjawab kebutuhan konsumen tersebut. Saat ini kami terus mencoba menjawab tantangan tersebut dengan melakukan riset pasar baik yang bersifat formal maupun informa

Produk apa saja yang diekspor? Dan kemana saja tujuan ekspornya? 

Hampir seluruh kategori produk kami ekspor dan memiliki posisi pasar yang kuat, seperti permen Kopiko, menjadi world leader in coffee candy, kopi Kopiko yang mendominasi pasar Filipina, Tiongkok dan Polandia, butter cookies Danisa sebagai pemimpin pasar di Tiongkok dan Vietnam, wafer coklat Beng-Beng sebagai pemimpin pasar di Thailand dan masih banyak produk Mayora lainnya yang eksis di lebih dari 80 negara.

Apa keunggulan yang ditawarkan kepada buyer diluar negeri? Apakah keunggulan tersebut menjadi andalan untuk berkompetisi dengan pemain lain? 

Kami yakinkeunggulan kami dalam kualitas, diferensiasi dan inovasiproduk yang didukung dengan aktivitas pemasaran yang fokus kepada konsumen menjadi andalan untuk bersaing diluar negeri.

Bisa berbagi info tentang data ekspor tiga tahun terakhir? Apakah mengalami kenaikan? Apa yang menyebabkan kenaikan? 

Saat ini pasar ekspor memberikan kontribusi lebih dari 30% terhadap total bisnis consumer goods Mayora dan pertumbuhan rata-rata double digit selama 3 tahun terakhir.

Adakah rencana perluasan pasar luar negeri? Kemana saja dan bagaimana cara perusahaan melihat peluang bisnis? 

Kami memiliki rancangan strategis jangka panjang, dalam hal ini ekspansi lebih dari 80 negara yang kami eksis saat ini. Tetapi hal yang terpenting buat kamiadalah bagaimana kami dapat membesarkan dan membangun sustainable bisnis, dan gain strong market position di negara yang kami eksis saat ini.

Apa dukungan yang diharapkan dari pemerintah dalam upaya meningkatkan ekspor? 

Kami berharap pemerintah dapat terus memberikan dukungan dari sisi stabilitas politik dan ekonomi, seperti menjaga kestabilan kurs rupiah terhadap US$ yang memiliki dampak terhadap harga bahan baku impor yang kami pakai. Stabilitas harga BBM yang dapat mempengaruhi berbagai sektor dalam kelangsungan bisnis. Regulasi yang memudahkan kebijakan ekspor yang dapat menunjang kinerja perusahaan Indonesia untuk melakukan ekspansi ke pasar luar negeri. (***)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)