Mazda RX-8 Spririt R, Generasi Terakhir Seri RX

Mazda Motor Indonesia meluncurkan Mazda RX-8 Spirit R yang merupakan generasi terakhir dari seri RX. Rotary engine yang merupakan terobosan teknologi kebanggaan Mazda masih menjadi salah satu keistimewaan yang ditawarkan oleh mobil sport berpintu dan bertempat duduk empat ini.

Sebagai generasi terakhir dari seri RX, Mazda RX-8 Spirit R merupakan kendaraan yang dikembangkan untuk mengabadikan spirit endurance dari Mazda RX-8. Keizo Okue, Presiden Direktur PT  Mazda Motor Indonesia mengatakan, “Para pelaku industri otomotif saling berkompetisi dalam menciptakan mesin berefisiensi tinggi demi menjawab kebutuhan gaya hidup modern. Rotary engine dan Mazda RX-8 merupakan cara Mazda untuk menunjukkan kemampuannya dalam membayangkan, merancang, serta mengimplementasikan solusi untuk masa depan yang lebih baik. Untuk mengabadikan spirit endurance dari Mazda RX-8 yang akan segera berakhir masa produksinya, kami pun secara khusus menghadirkan Mazda RX-8 Spirit R di Indonesia.”

Sebelumnya, Mazda Motor Corporation mengumumkan bahwa bulan Juni 2012 merupakan periode akhir dari kegiatan produksi Mazda RX-8, dan Mazda RX-8 Spirit R adalah model terakhir dari tipe tersebut yang akan diproduksi secara khusus. Menggunakan basis Mazda RX-8 yang menggunakan transmisi otomatis 6-percepatan dengan kontrol elektronik, Mazda RX-8 Spirit R hadir menawarkan beragam keistimewaan yang diaplikasikan secara apik di bagian interior dan juga eksteriornya.

Di bagian interior, kesan ekslusif tercermin dari warna piano black yang menghias tunnel bagian tengah. Garis jahitan yang terdapat di bagian kemudi, rem parkir (parking brake), jok serta pintu samping (side door) yang sebelumnya berwarna hitam kini tampil lebih gaya dengan warna merah. Mazda juga menawarkan jok RECARO berbahan kulit eksklusif yang menampilkan perpaduan antara warna hitam dan merah sehingga menghasilkan tampilan interior yang lebih stylish.

Sedangkan untuk bagian eksterior, penyematan emblem khusus bertuliskan 'Spirit R' di bagian c-pillars menjadi ciri khas tersendiri dari Mazda RX-8 Spirit R. Kesan sporty tercermin lewat alloy wheel berhias center cap berwarna hitam. Perubahan lain yang menjadikan Mazda RX-8 Spirit R terlihat berbeda dari Mazda RX-8 yang terdahulu diantaranya adalah kaliper rem (brake caliper) yang dicat berwarna merah; warna bingkai (bezel) dari lampu depan, lampu kombinasi di bagian belakang, serta lampu kabut juga diubah menjadi hitam.

Untuk fitur keamanan, Mazda RX-8 Spirit R dilengkapi dengan enam SRS Airbags dan Dynamic Stability Control (DSC). Di Indonesia, Mazda RX-8 Spirit R tersedia dalam tiga warna ekslusif yaitu Aluminum Metallic, Sparkling Black Mica, dan Crystal White Pearl Mica. Di Indonesia, Mazda RX-8 Spirit R ditawarkan dengan harga Rp682.000.000.

Sambutan positif yang ditujukan kepada Mazda RX-8 dan rotary engine mencerminkan apresiasi global atas kegigihan Mazda dalam menerjemahkan nilai Zoom-Zoom ke dalam teknologi. Rotary engine dan Mazda RX-8 adalah terobosan teknologi yang telah menempatkan Mazda di posisi terdepan dalam hal inovasi. Karenanya, pengembangan dari rotary engine masih akan terus dilakukan,” kata Okue lagi.

Fitur-fitur yang terdapat pada Mazda RX-8 Spirit R:

  • Emblem RX8 Spirit pada Pillar-C
  • Lis piano black pada foglamp
  • Wheel centre cap dengan background hitam
  • "18 Gun Black alloy wheels
  • Red brake calliper
  • Jahitan pada door trim samping, kursi, lingkar kemudi dan tuas rem tangan berwarna merah
  • Panel piano black pada center tunnel
  • Interior aksen merah dan jok kursi RECARO untuk pengemudi dan penumpang depan

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)