McDonald Luncurkan MacCoin di HUT ke-50 Big Mac

Michael Hartono, Direktur Pemasaran dan Komunikasi McDonald Indonesia (kedua kiri). (Foto: Anastasia/SWA)

McDonald merilis MacCoin di Indonesia hari ini (30/8/2018) di Sarinah, Jakarta. Peluncuran ini merupakan salah satu cara perusahaan untuk merayakan hari jadi menu ikonik mereka, Big, Mac, yang ke-50.

McCoin adalah koin khusus yang dapat ditukarkan dengan produk Big Mac secara gratis di restoran McDonald di lebih dari 50 negara. Sebagai alat tukar global pertama yang diluncurkan oleh ritel makanan cepat saji di dunia, McCoin akan mulai tersedia pada tanggal 2 Agustus 2018 mendatang.

Michael Hartono, Direktur Pemasaran dan Komunikasi McDonald Indonesia, memaparkan,  angka 50 tahun merupakan suatu pencapaian bagi suatu produk. Perjalanan panjang ini pada akhirnya menjadi satu ide untuk mendesign MacCoin. “Setiap desain MacCoin akan mengambil unsur-unsur dari sejarah perkebangan seni, musik, dan budaya pop yang mewakili masing-masing dekade,” kata dia

Desain yang berfokus pada tahun 70-an akan menampilkan flower power yang menjadi tren pada era tahun 70-an. Sementara untuk era 80-an akan menampilkan desain yang mengacu pada perkembangan pop art. Tahun 90-an akan dirancang dengan bentuk-bentuk abstrak dan berani, kemudian pada tahun 2000-an akan berfokus pada perkembangan teknologi. Era terakhir, 2010 didesain dengan tema evolusi komunikasi. “Hal menarik lainnya yang ada di MacCoin ini adalah terdapatnya bahasa Indonesia yang akan ditampilkan di koin tersebut. Bersamaan dengan bahasa Arab, Inggris, Indonesia, Mandarin, Portugis, Perancis, dan Spanyol," jelasnya.

Koin ini akan mulai bisa didapatkan pada tanggal 2 Agustus mendatang di ritel McDonald di Indonesia. Konsumen akan bisa mendapatkan MacCoin dengan cara membeli paket Hemat Big Mac Large mulai pukul 11.00 hingga 05.00 sampai dengan tanggal 7 Agustus 2018 mendatang. Sementara koin akan dapat ditukarkan mulai pada tanggal 8 agustus 2018 hingga akhir Desember 2018.

“MacCoin hanya diberikan untuk pembelian di resotran maupun drive thru, tidak berlaku jika konsumen membeli via McDelivery, telepon 14045, website, aplikasi mobile, atau layanan pesan antar online,” ujarnya menambahkan. Sementara, Michael memaparkan, MacCoin hanya di sediakan sebanyak 65.800 koin di seluruh indonesia dan tidak akan diluncurkan lagi di kemudian hari.

Ke depan, Michael membocorkan akan ada event lanjutan sebagai perayaan Big Mac ke-50 pada bulan September nanti. Namun sayangnya, dia tidak mengatakan secara detail program apa yang akan dilakukan perusahaannya nanti. “Yang jelas, dulu kami meluncurkan Mini Mac dan Mega Mac, mungkin nanti juga akan mirip-mirip. Selain itu, akan ada kompetisi yang akan kita buat,” ujarnya menutup pembicaraan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)