Media Sosial Merupakan Jantung Strategi Marketing Dulux

Bagi PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), dengan cat brand Dulux, WOMM terintegrasi di dalam strategi marketing. Penggunaan internet di Indonesia meningkat dengan cepat. Karena itu,  internet merupakan bagian yang tak terpisahkan  dari strategi marketing Dulux.

Jadi, social media adalah pusat dari strategi marketing Dulux. Tujuannya, untuk membuat konsumen Dulux selalu ter-up to date dengan layanan dan promosi terbaru. Bagaimana Dulux menjalankan strategi WOMM-nya? Mediko Azwar, Head of Marketing PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) menuturkannya kepada Nimas Novi Dwi Arini:

Dulux Mediko (utama)

Apakah mempunyai organisasi/divisi tersendiri yang membawahkan WOMM?

Word of Mouth Marketing atau WOMM adalah bagian dari keseluruhan strategi marketing kami.

Apa saja aktivitas WOMM yang dilakukan?

Kami membuat berbagai kegiatan yang unik dan menarik dan juga berbagai kegiatan di sosial media untuk melibatkan komunitas kami terhadap brand Dulux. Contohnya, saat kami menjadi bagian dari kegiatan The Color Run di bulan Januari lalu serta Indonesia Fashion Week. Inovasi terbaru kami adalah Dulux Easy Clean dengan KidProof Technology yang juga berhasil menimbulkan buzz dan menjadi bahan pembicaraan.

Bagaimana meletakkan WOMM dalam kerangka strategi pemasaran?

Di dalam perusahaan kami, WOMM terintegrasi di dalam strategi marketing. Penggunaan internet di Indonesia meningkat dengan cepat. Menurut saya, internet adalah bagian yang tak terpisah bagi kita. Jadi, social media adalah pusat dari strategi marketing kami. Kami memiliki tujuan untuk membuat konsumen kami selalu ter-up to date dengan layanan dan promosi terbaru kami.

Bagaimana mengukur dan mengevaluasi dampak WOMM?

Kami mengevaluasi setiap kegiatan marketing termasuk WOMM dengan menggunakan beberapa sumber baik sumber internal maupun eksternal. Hal ini membatu kami untuk memastikan setiap kegiatan yang kami lakukan memiliki progress.

Bagaimana melakukan inovasi sehingga selalu ada hal-hal baru yang layak dikomunikasikan (diWOMM-kan)?

Ambisi strategi AkzoNobel adalah memberikan inovasi yang mendunia dan portofolio produk. Strategi ini berfokus dengan men-deliver kombinasi yang menyediakan performa yang berbeda dan keunggulan bernilai bagi konsumen kami. Fokus ini berarti kami dapat bekerja dengan gebrakan perubahan yang menstranformasikan kehidupan konsumen kami dan bisnis dan selalu berinovasi yang menyediakan mereka dengan solusi yang memenuhi berbagai kebutuhan mereka serta program yang berhubungan dan dapat melibatkan komunitas kami.

Bagaimana cara mengomunikasikan kepada konsumen?

Kami berusahan berkomunikasi dengan konsumen kami menggunakan berbagai channel yang kami anggap tepat untuk meningkatkan keterlibatan dan percakapan dengan konsumen kami.

Bagaimana agar WOMM terus bergulir?

Keberlanjutan selalu ada di dalam hal apa pun yang kami lakukan. Kami berfokus pada hal-hal yang dapat kami berikan kepada konsumen yakni produk dan layanan yang baik digabung dengan program marketing yang efektif untuk menjangkau komunitas kami secara langsung.

Dulux (Mediko)

Bagaimana agar tidak latah dalam melakukan WOMM dengan melakukan acara seperti misalnya lomba lari maraton?

Kebutuhan konsumen kami dan saran merupakan hal yang penting bagi kami. Partisipasi kami dalam event The Colour Run menajamkan posisi kami sebagai otoritas warna global. Kami juga telah terlibat dalam Indonesia Fashion Week selama beberapa tahun. Bahkan, di AkzoNobel, kami percaya bahwa warna sangat penting di kehidupan semua orang. Warna terdapat di warna-warna dan warna mempengaruhi cara kami mengerti dan mengantisipasi apa yang menjadi tren di masa depan dan untuk memetakannya menjadi ColourFuturesTM  dengan harapan dapat menginspirasi dunia untuk menambah spektrum warna dan bayangan di dalam kehidupan mereka dan 2013 menjadi tonggak selama satu dekade keberadaannya.

Sejak diperkenalkan sepuluh tahun yang lalu, ColourFuturesTMtelah mendapatkan penghargaan global dan saat ini menjadi sumber terpercaya untuk desain warna dan arsitektur. Colour of The Year dipilih oleh para ahli warna internasional yang tergabung di dalam AkzoNobel’s Global Aesthetic Center. Para ahli ini akhirnya mencapai sebuah keputusan setelah berdiskusi mengenai tren dan konsep warna yang menjadi pembicaraan tahun lalu. Kami berharap bahwa ColourFuturesTMdapat berlanjut menjadi inspirasi bagi masyarakat di lingkungan kerja, rumah, dan tempat bermain.

Apa saja inovasi (produk, layanan, maupun cara pemasaran) yang dilakukan dalam 1-2 tahun terakhir?

Inovasi produk terbaru kami tahun ini adalah Dulux Easy Clean dengan KidProof Technology. Kami juga memiliki beberapa invosai di sektor layanan seperti Dulux Home Painting Service untuk pengecatan tanpa repot dan Dulux Preview Service yang membantu pelanggan melakukan simulasi warna di ruangan mereka secara gratis. Untuk kegiatan pemasaran, partisipasi di The Color Run dan Indonesia Fashion Week adalah contoh inovasi kami.

Berapa bujet melakukan WOMM per tahun?

Di dalam setiap program marketing kami, tentu saja akan ada anggaran yang dikeluarkan. Namun, kami memilih untuk berfokus pada hal-hal yang dapat kami berikan kepada konsumen, produk-produk yang sesuai kebutuhan mereka dan kampanye marketing yang menyasar mereka.

Bagaimana perkembangan kinerja (penjualan/omset) dalam 3 tahun terakhir?

Berbagai penghargaan dan pencapaian yang kami menangkan seperti menjadi peringkat pertama untuk WOMM ini menjadi indikasi bahwa kami telah melakukan hal yang benar. Untuk komitment kami yang terus berlanjut dalam mencapai kesempurnaan, Dulux telah mendapatkan penghargaan the Architects Choice Award 2014 dan Jogja Best Brand Index 2014, sementara Dulux Catylac telah memenangkan Solo Best Brand Index 2014.

Rata-rata bisa meningkat berapa persen per tahun? Apakah peningkatan itu di atas rata-rata industri?

Sebagai pemimpin pasar, kami ingin mempertahankan posisi kami dengan memberikan layanan bernilai tambah untuk konsumen, inovasi produk dan solusi yang keberlanjutan. (***)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)