Megaproyek Ciputra World 2 Jakarta Mulai Dibangun

Sebagai kelanjutan dari proyek mixed use development sebelumnya, PT Ciputra Property Tbk (CTRP), melalui anak perusahaannya PT Saraneka Indahpancar, secara resmi melakukan ground breaking proyek Office Tower Ciputra World 2 Jakarta. Acara ini sendiri dilakukan di Ciputra Gallery, Kuningan, Jakarta (26/09/2012).

Proyek megah yang berdiri di atas lahan seluas 3,2 hektar dan berlokasi di segi tiga emas Prof. Dr. Satrio, Kuningan ini digadang-gadang akan menjadi salah satu ikon bisnis terbesar di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Gedung perkantoran ini dilengkapi dengan beberapa konsep menarik dan fasilitas-fasilitas premium seperti 3 Zones (Low Zone, Mid Zone, High Zone), Grade A Office, Executive Lift dan  Executive Toilet, 18 Lifts dan Security System.

Berbeda dengan “saudara kandungnya”, Ciputra World 1 Jakarta , Ciputra World 2 Jakarta nantinya akan memiliki sedikit perbedaan. Seperti dikatakan Chandra Ciputra,  CEO PT Ciputra Property Tbk, menjelaskan, Ciputra World 2 Jakarta nantinya akan berkonsep layaknya super shopping center. Ini  berbeda dengan Ciputra World 1 Jakarta, yang lebih mengarah kepada general shopping center. “CIputra World 2 Jakarta berlokasi di jantung wilayah CBD (central business district) Kuningan. Nantinya akan dibuat seperti tempat-tempat iconic di luar negeri seperti Singapura dan London,” tambahnya.

Pembangunan unit perkantoran Ciputra World 2 Jakarta yang memiliki GFA (gross floor area) seluas 80.000 meter persegi, ditargetkan selesai pada tahun 2015 dengan biaya Rp 1 triliun, dan terdiri dari 45 lantai. Sekitar separuh dari luas gedung kantor tersebut akan dijual secara Strata Title, sedangkan sisanya akan disewakan.

Pendanaan proyek ini diklaim oleh pihak CTRP, masih menggandalkan pembiayaan dari para pembeli. Pendanaan ini diakui pihak CTRP menjadi lebih mudah dibanding dengan proyek Ciputra World 1 Jakarta. “Berbeda dengan Ciputra World 1 Jakarta yang hanya menjual 15-20% keseluruhan gedung, sisanya disewakan. Sedangkan hampir 50% perkantoran yang dibangun di Ciputra World 2 Jakarta justru sudah terjual. Jadi pendanaannya lebih mudah, kami sementara ini belum membutuhkan bantuan pendanaan dari pihak luar seperti bank,” tandas Arta.

Sampai dengan akhir Agustus, total marketing sales PT Ciputra Property Tbk mencapai jumlah sebesar Rp 1,2 triliun. Sedangkan sampai dengan akhir tahun 2012, diperkirakan total marketing sales mencapai Rp. 1,5 triliun, yang berarti jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 3 kali lipat jika dibandingkan dengan tahun 2011. Sampai saat ini, Ciputra World 2 Jakarta menyumbang 75% dari total marketing sales tersebut.

Dengan dilakukannya ground breaking Ciputra World 2 Jakarta ini, maka total akan berdiri 6 tower jika dijumlahkan dengan Ciputra World 1 Jakarta. Rencananya, pada akhir 2013, CTRP juga akan membangun kembali satu proyeknya, yang akan dinamakan sebagai Ciputra World 3 Jakarta. Dengan total keseluruhan proyek tersebut, maka total akan berdiri 15 tower di atas tanah seluas 15 ha dengan total inbestasi sebesar Rp 15 triliun. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)