Melongok Motor Keren di IMOS 2016

Pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016 tengah berlangsung di Jakarta Convention Centre sejak Rabu, 2 November 2016. Sebanyak lima brand yang tergabung dalam Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) unjuk gigi dengan memperkenalkan produk-produk terbaru dan terkeren. Apa saja model-model yang berduel di pameran bergengsi ini?

kawasaki-ninja-650

Yang pertama adalah Kawasaki, yang menghadirkan line up seri Ninja, Classic Series, Off Road Series, dan Adventure Series. Produk yang diklaim sebagai hero Kawasaki di IMOS 2016 adalah Ninja 650, yang dibekali mesin paralel twin 4 stroke 649 cc, yang menghasilkan tenaga 68 daya kuda per 8.000 rotasi per menit. Kawasaki Ninja 650 diluncurkan dalam dua varian, tipe black edition dan tipe special edition. “Generasi baru Ninja 650 yang didesain langsung oleh Kawasaki Jepang,“ kata General Manager Marketing Division PT Kawasaki Motor Indonesia, Kazuya Ikebuchi.

Adapun PT TVS Motor Company Indonesia memajang 6 model. Salah satunya ialah konsep TVS Akula 310. Akula 310 ialah motor sport konsep hasil kerja sama TVS dengan BMW Motorrad. Motor ini memakai mesin 300 cc yang akan diproduksi di Cikarang, Jawa Barat. “Kehadiran motor konsep ini memberikan atmosfer yang berbeda untuk IMOS 2016,” kata Deputy Manager Corporate Communication TVS, Rio Aditya Putra.

Penguasa pasar motor nasional, PT Astra Honda Motor (AHM), memperkenalkan CBR1000RR Fireblade untuk pertama kalinya di Indonesia serta motor enduro CRF1000L Africa Twin. Presiden Direktur AHM, Toshiyuki Inuma, mengatakan motor adventure ini akan diluncurkan pada semester pertama 2017. AHM juga segera mengirimkan All New Honda CBR250RR untuk 2.700 pemesan pertama.

Produsen lainnya, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), melepas dua model sport yakni GSX-R 150 dan GSX-S 150. Kedua sepeda motor 150 cc ini siap bersaing dengan Yamaha R15 atau Honda CBR 150. "Pasar motor sport di Indonesia terus meningkat, itu yang membuat kami memutuskan untuk menghadirkan dua model ini di Indonesia," kata Managing Director 2W PT SIS, Seiji Itayama.

Tak mau kalah, Yamaha lima skuter otomatis (skutik) yakni New Mio M3 AKS SSS, New Soul GT AKS SSS, Aerox 155, XMax, serta skutik tiga roda Tricity 155. Aerox 155, skutik yang disebut sebagai adik NMax dihadirkan sebagai entry level dari skutik 150-an cc Yamaha yang diisi oleh NMax. Skutik ini telah memiliki mesin Blue Core, Variable Valve Activation (VVA), SSS, Smart Motor Generator (SMG), hingga Smart Key System.

Assistant General Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Mohammad Masykur, mengatakan pemesanan Aerox akan dibuka mulai Desember. "Pada November, kami akan melibatkan konsumen secara interaktif untuk menentukan harga Aerox melalui program 'tebak harga'. Barangnya dikirim pada Januari," ujarnya. Adapun skutik roda tiga Tricity diakui Masykur pasarnya cukup kecil. Model ini masih diimpor utuh dari Thailand sebanyak 30 unit sampai akhir tahun 2016. "Kalau animo besar, kami akan impor lagi."

Tempo

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)