Upaya Sharp Dongkrak Merosotnya Pasar Mesin Cuci

Market mesin cuci PT Sharp Electronics Indonesia tahun 2014 menurun 3,4% dibandingkan tahun lalu. Angka ini akan diprediksikan mencapai angka 5% hingga akhir tahun. Menyikapi hal ini, Sharp meluncurkan mesin cuci dua tabung berkapasitas 10 kg.

Potensi pasar mesin cuci dua tabung juga mengalami penurunan 2,1%, tetapi lebih stabil dibandingkan mesin cuci tipe yang lain. Sharp memprediksikan akan terjadi pergeseran penggunaan mesin cuci kapasitas kecil ke mesin cuci kapasitas besar.

Mesin Cuci Sharp 10kg
"Kami melihat bahwa minat konsumen untuk produk mesin cuci dua tabung (Twin Tub) berkapasitas di atas 8 kilogram terus tumbuh dibandingkan tahun lalu, sedangkan minat konsumen untuk mesin cuci berkapasitas kecil cenderung melemah," ucap Herdiana Anita, Product Planning General Manager PT Sharp Electronics Indonesia.

Mesin cuci Dolphinwave Series (ES-T1090) mulai diproduksi November 2014 dan akan ada di pasaran Desember 2014. Produk yang merupakan local fit ini diproduksi di pabrik Sharp di Karawang dan akan didistribusikan ke pasar tradisional melalui 26 cabang Sharp di seluruh Indonesia. Produk lini terbaru ini ditargetkan dapat terjual 80ribu unit setiap bulan dan dapat meningkatkan market share mesin cuci dua tabung menjadi 27,5% dari 25,2%.

Produk yang memiliki kapasitas besar ini, mampu mencuci pakaian sekeluarga dan pakaian yang berukuran besar. Besarnya kapasitas ini juga akan menguntungkan pengguna karena waktu mencuci menjadi lebih efisien. Dengan pola mencuci yang lebih efisien ini, maka kebutuhan air dan listrik konsumen pun dapat dihemat pula. Dari hasil simulasi Sharp Corp Jepang, dalam setahun konsumen bisa menghemat penggunaan air hingga 17% dan menghemat pemakaian listrik hingga 32%. Ditambah lagi dengan konsumsi listrik model ini yang sangat hemat, untuk proses cuci hanya 275 Watt dan pengeringan 110 watt.

Mesin cuci ini juga akan mencuci lebih bersih karena fitur Dolphin Pulsator yang dirancang mengadopsi bentuk ekor lumba-lumba untuk memperkuat putaran air, sehingga hasil pencucian bersih sempurna. Selain itu, mesin cuci ini juga telah dibenami oleh teknologi filter Super Aquamagic untuk mengatasi permasalahan kualitas air tanah di Indonesia yang cenderung kurang baik dan menjadikan pakaian mudah menguning.

Mesin cuci Sharp Twin Tub Dolphinwave Series ES-T1090 dengan kapasitas 10 kilogram akan dilepas ke pasaran di awal Desember 2014 dengan harga di kisaran Rp 2 juta dan tersedia dalam dua varian warna, Deep Orchid Violet dan Vibrant Rose Pink. Untuk memudahkan penggunaan oleh konsumen Indonesia, seluruh panel instruksi produk ini pun menggunakan Bahasa Indonesia. (EVA(

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)