Memotivasi Penulis Muda, Faber-Castell Gelar Lomba Menulis Cerpen

Banyak cara yang dilakukan perusahaan untuk mendongkrak penjualan. Salah satunya jurus Faber Castell meningkatkan penjualan dengan menggelar lomba menulis cerpen. Bagi yang akan ikut lomba wajib membeli satu pulpen Faber Castell sebagai tiket pendaftaran.

Faber Castell

Ya, setiap orang memiliki kesempatan, begitu juga dalam dunia tulis menulis. Faber – Castell membuka kembali peluang bagi seluruh insan yang memiliki bakat menulis tersembunyi. Untuk kedua kalinya, produsen alat tulis ini menggelar lomba menulis cerpen yang bertemakan “Best Advanture”, karena Faber – Castell mempercayai, bahwa setiap orang pasti punya cerita.

“Tujuan kami ingin membuka harapan baru bagi semua orang. Karena selalu ada kesenjangan, salah satunya adalah kesenjangan akses. Kami ingin membuka akses supaya semua orang yang punya potesndi dibukakan jalan dalam dunia tulis menulis,” ujar Yandramin Halim, Managing Director PT Faber – Castell International Indonesia.

Setiap penulis muda yang ingin mengikuti lomba ini, akan dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan umur peserta, yaitu 15 – 20 tahun, 21 – 30 tahun, dan usia di atas 30 tahun. Hadiah yang ditawarkan dalam lomba ini adalah Rp7,5 juta untuk juara I, Rp5 juta untuk juara II, Rp2,5 juta untuk juara ke III, serta masing-masing Rp1 juta untuk cerpen terfavorit dan untuk pemenang dengan tulisan terindah.

Selain itu, setiap cerpen-cerpen karya pemenang akan dibukukan dan kemudian diterbitkan dengan menyertakan karya asli berupa tulisan tangan pemenang.

Lomba menulis yang bertujuan memancing bakat terpendam penulis muda ini, akan dimulai dari Mei hingga Agustus dan akan diumumkan pada September 2014.  Lomba ini melibatkan juri yang berkompeten di bidangnya di antaranya Trinity (penulis buku “Naked Traveler”), Nina Moran (GO Girl), dan Intan Savitri (Forum Lingkar Pena).

Lomba ini juga sekaligus wujud nyata Faber – Castell untuk mendorong kemajuan seni sastra di Indonesia. Oleh karena itu, orisinalitas, kekuatan penokohan, kreativitas pengolahan ide cerita, kedalaman pesan moral, keindahan penuturan serta penggunaan diksi dan kesesuaian dengan kaidah Bahasa Indonesia, menjadi kriteria penilai lomba ini.

Christian Herawan, Product Manager PT Faber Castell International Indonesia, menjelaskan mekanisme pendaftaran. Setiap calon peserta lomba cukup membeli satu produk pulpen Faber – Castell dan mengunduh kertas untuk menulis di portal www.lombacerpen.com . Kemudian, calon peserta menulis cerpen bertemakan “Best Advanture” yang merupakan pengalaman pribadi ataupun fiksi. Setiap calon peserta dapat menulis lebih dari satu cerita. Batas penulisan cerita, maksimal 4 halaman A4 dan bisa juga disertakan sketsa yang mendukung. Setelah itu, unggah karyanya di portal yang sama.

Faber – Castell menargetkan dapat menerima sekitar 4.000 – 5.000 cerpen, dimana tahun lalu Faber – Castell menerima 2.000 cerpen. Dengan adanya perlombaan menulis cerpen ini, Faber – Castell memprediksi kenaikan omset untuk penjualan pulpen dua kali lipat disbanding omset tahun ini. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)