Ciputra Menarik Turis dengan Pertunjukan Teater

Indonesia terkenal dengan keindahan alamnya, sehingga tak heran bila kebanyakan turis berkunjung untuk melihat keindahan ini. Namun Rina Ciputra Satrawinata, Presiden Direktur Ciputra Artpreneuer tidak ingin Indonesia hanya mengandalkan keindahan alam saja. “Turis datang ke Indonesia untuk melihat Bali, Kalimantan, Danau Toba, dan masih banyak lagi. Sayangnya banyak orang Indonesia yang lebih memilih keluar negeri untuk mencari hiburan. Jadi daripada devisa kita keluar lebih baik shownya saja yang kita datangkan,” jelasnya berapi-api.

IMG_20150526_142525 Pertunjukan Beauty and the Beast

Ia menginginkan Indonesia bisa menjadi seperti Singapura dan Hong Kong, yang menjadi teater hub untuk mancanegara. Alasan inilah yang membuatnya cukup berani dalam menghadirkan Disney’s Beauty and The Beast-The Original Broadway Musical Spectacular” di Teater Ciputra Artpreneur.

“Kami berharap dengan adanya show Broadway di Indonesia devisa tidak akan keluar dan semakin menambah minat turis ke Indonesia. Tidak hanya kultur, tetapi pertunjukan pun tentunya akan menjadi magnet yang kuat bagi para turis," ujarnya.

Selain itu, meningkatnya kelas menengah di Indonesia, juga menjadi salah satu alasan, didatangkannya pertunjukan broadway yang menghabiskan biaya 18 milyar ini. “Orang kita menghabiskan banyak uang untuk melihat show di luar negri, dengan adanya show di seperti ini kami berharap mereka akan lebih memilih untuk berekreasi di dalam negri saja,” lanjutnya lagi.

Ia pun cukup berani dalam mendatangkan broadway karena merasa memiliki fasilitas yang cukup yang jarang dimiliki teater lain di kawasan Asia. “Tim Broadway cukup ketat dalam pemilihan tempat, karena tidak bisa dilakukan sembarangan. Mereka memiliki persyaratan yang cukup ketat karena pertunjukan ini membutuhkan tempat yang besar dan memadai untuk suatu show yang besar. Tim dari Amerika saja yang datang berjumlah 1000 lebih dengan 12 container yang beratnya mencapai 1 ton,” ujarnya dengan nada bangga.

Sebelumnya, broadway sendiri jarang melakukan tur keluar negeri, tertama kawasan Asia. Oleh karena itu mereka membentuk Broadway Entertainment Grup yang memfasilitasi untuk pertunujukan Broadway di luar Amerika. Negara-negara yang didatangi, diutamakan yang belum pernah diadakan pertunjukan sekelas broadway seperti Jakarta. “Tim mereka sebenarnya sudah tertarik sejak 2 tahun yang lalu, hanya saja saat itu di Indonesia fasilitas belum memadai. Setelah Artpreneur Ciputra selesai dibangun pun, mereka merasa masih banyak kekurangan. Banyak pendekatan yang harus kami lakukan agar mereka tetap mau melakukan pertunjukan di sini,” .

Persiapan yang dilakukan pun tak main-main, dengan pertunjukan selama 12 hari, Rina mengaku melakukan berbagai persiapan yang sangat matang. Salah satunya dengan menyediakan 40 guide, dan mempersiapakan keamanan yang ketat. “Mereka datang 5hari sebelum show dimulai, persiapannya ngga salah dengan konser. Hanya saja kan kalau konser hanya sehari, kalau pertunjukan waktunya lebih panjang sehingga enambah biaya operasi menjadi lebih besar.”

IMG_20150526_141611

Namun meski begitu target pencapaian penjualan hampir terpenuhi,”Kami inginnya semua habis terjual dan saat ini sudah terjual 70%,” ujarnya sambil tersenyum. Ke depannya teater Artpreneur Ciputra akan menyasar pertunjukan lokal.

”Nantinya kami ingin mengadakan show lokal, yang selain dari segi bahasa lebih dimengerti, juga bia menunjang lokal produser supaya lebih berkembang. Ini merupakan entertainment yang sarat edukasi. Berbeda dengan menonton film karena di sini kita menonton sesuatu yang real dan hidup, kualitasnya tidak bisa dibanfingkan. Saya juga ingin agar produser lokal mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan perusahaan mereka,” tutupnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)