Mercy Nikmati Tren Positif di Segmen SUV

Selama dua bulan di awal tahun 2017 memberikan kabar positif bagi PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI). Karena, penjualan produk otomotifnya naik 13 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Demikian keterangan Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Sales Operation MB Cars and Network Development MBI. “Tahun lalu di waktu yang sama (Januari-Februari 2016) kami menjual Mercy 444 unit, tahun ini jadi 501 unit. Kalau dilihat secara internal naik 13 persen, tapi untuk market share dan komparasi dengan merek lain kami belum tahu karena masih konsolidasi dengan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) soal data dan lainnya,” katanya kepada wartawan ( Jumat 31/03).

Mercy SUV (Foto; id.pricearea.com

Kari menambahkan, kenaikan penjualan Mercedes-Benz sebagian besar merupakan sumbangan dari model sport utility vehicle (SUV). Jika pada tahun lalu, jumlah segmen ini sebesar 32 persen, maka untuk periode yang sama di tahun ini, jumlahnya justru bisa mencapai 40 persen.

Mercy memiliki SUV model GLC. Dan sejak diluncurkan beberapa waktu lalu cukup memperoleh apresiasi yang tinggi dari konsumen. Penjualan SUV di segmen premium ini mencapai double digit dan kontribusi terhadap pendapatan menjadi yang terbesar dibanding model Mercy lainnya. SUV Mercy terkena imbas dari adanya tren masyarakat di Tanah Air yang makin menyukai mobil SUV ketimbang sedan.

Pasar untuk mobil segmen premium saat ini dinilai Kari cukup baik, seiring dengan tren membaiknya kondisi ekonomi. Namun begitu, kondisi tersebut bisa berubah tergantung pada situasi dan kondisi iklim politik yang terjadi. Pasar mobil premium sangat sensitif jika berkaitan dengan isu politik. Jadi jika sepanjang tahun ini keadaan politik aman-aman saja, maka bisa dipastikan kalau segmen premium di pasar tanah air bisa terus tumbuh lagi. Terlebih lagi jika nantinya infrastruktur bisa berjalan dengan baik. “Hasil positif yang kami capai ini bisa menjadi tolok ukur peningkatan pasar otomotif, khususnya mobil-mobil yang berada di segmen premium,” tutur Kari.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)