Michelin Prediksi Penjualan Ban Nasional Capai 12 Juta Unit

Dengan penjualan mobil lebih dari 1,1 juta unit di 2012, serta prediksi pertumbuhan 10%-13% di tahun ini (sumber Gaikindo), Indonesia menjadi salah satu pasar terpenting bagi produsen ban Michelin.

Secara global, Michelin merupakan salah satu pemain besar dengan market share yang mencapai 14,6% pada 2012.

“Kontribusi terbesar disumbang dari segmen passanger car dan truk ringan yang mencapai 52% dari total penjualan. Segmen truk menyumbang 31% dari total penjualan. Untuk segmen bisnis spesial seperti agrikultur, pesawat terbang, alat berat dan roda dua, serta-serta produk lainnya seperti panduan perjalanan dan map, menyumbang 17% dari total penjualan,” ucap Marketing Manager PT Michelin Indonesia, Victor Daniel.

Michelin sendiri sudah hampir 15 tahun berada di pasar Indonesia, namun baru April 2011 produsen ban ini mendirikan PT Michelin Indonesia. Victor optimistis pasar pendukung otomotif seperti jual-beli ban di Tanah Air akan menuai untung lebih pada 2013. Ia memperkirakan secara total ada kenaikan di kisaran 1 juta ban pada 2013 atau 9,09%.

"Kami mengestimasikan di Indonesia tahun ini akan terjual sekitar 12 juta ban. Pada 2012 ban yang terjual ada di kisaran 11 juta unit." Kendati demikian, ia tidak bersedia menyebutkan pangsa pasar yang diincar Michelin. “Kami baru benar-benar fokus di Indonesia pada 2011, untuk itu kami belum berani mengumumkan target penjualan,” tambahnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)