Midea Hadirkan Produk Khusus Rumah Tangga

Jino Sugianto (tengah) Presiden Director Midea Indonesia Jino Sugianto (tengah) Presiden Director Midea Indonesia

Sukses menjadi pemain di Tiongkok, Media Group perusahaan rumah tangga elektronik kelas dunia  yang didirikan sejak 50 tahun lalu di China mulai mengambil hati pasar Indonesia. Tepatnya pada tahun 2010, lewat bendera Media Elektronik Indonesia secara agresif melempar produknya ke pasar.

"Dalam catatan kami, di tahun 2014 market share di Indonesia mencapai Rp 235 miliar dengan kontribusi masih didominasi oleh AC (57%) dan Mesin Cuci (13%). Target kami di tahun 2015 bisa tembus angka Rp 338 miliar," ucap Jino Sugianto, Presiden Direktur Midea Elektronics Indonesia di Jakarta (16/5).

Prestasi Midea tersebut tidak lepas dari jalinan kerja sama dengan berbagai korporasi dan menyasar segemen B2B. Seperti hotel, e-commerce Alibaba.com, bandara Labuan Bojo dan mendirikan sentral R&D di Kentucky Amerika Serikat. Total keseluruhan revenue global Midea Group di tahun 2014 mencapai US$ 23,7 miliar.

Jino menjelaskan, untuk pemasangan AC di bandara Labuan Bojo , Nusa Tenggara Timur  investasi yang dikeluarkan mencapai US$ 170 ribu. Jino juga berharap agar suatu saat di Indonesia dapat di dirikan pabrik Midea di Indonesia.

Meski kondisi ekonomi sedang lesu, Jino menegaskan pihaknya optimis dapat melakukan penetrasi pasar dengan baik di Indonesia. Dengan 7 pabrik di luar Tiongkok seperti Rusia, Brazil, Argentina, India, Vietnam dan 16 pusat produksi di Tiongkok itu sendiri. Midea tetap menghadirkan 2 produk barunya untuk pasar Indonesia, yaitu: electric fan dan water heater.

Kedua produk tersebut terbilang sangat baru di Indonesia. Untuk Electrics Fan sendiri di desain dengan inovasi baru berupa tampilan bodi yang lebih tebal dan dilapisi titanium agar lebih terjaga dan tahan lama. Sedangkan untuk water heater dari Midea ini diklaim hanya membutuhkan energi rendah dimulai dari 200 watt. Water heater yang tersedia dalam kapasitas 15-100 liter tersebut memiliki fitur anti bakteri dan bahannya terbuat dari titanium.

“Harga fan untuk kelas hero ini dibanderol dengan harga Rp 1,8 juta. Sedangkah untuk kategori lainnya kami memiliki banyak varian mulai dari harga Rp 300 ribu hingga Rp 1 juta,” jelas Jino lagi.

Sementara itu, Dennis Jiang, Product Marketing Midea, menjelaskan, dalam waktu dekat pihaknya ingin membawa produk home appliance dari Tiongkok yang dapat dikontrol dengan ponsel pintar Xiomi. Terobosan ponsel pintar sebagai alat kontrol tersebut nantinya juga dapat di gunakan dari jarak jauh dengan sambungan wifi. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)