Mobil Lexus Terjual 1.000 Unit di Indonesia

Sudah di Indonesia selama 9 tahun, Lexus ingin menghadirkan sesuatu yang berbeda dengan prinsipalnya di Jepang. Lexus Indonesia mengedepankan tiga hal yaitu passion, service level, dan people business. Menurut Adrian Tirtadjaja, General Manager Lexus Indonesia PT Toyota Astra Motor, ketiganya membuat Lexus Indonesia mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen.  Bukan lagi konvensional marketing yang digunakan, tetapi kepada experiental marketing, karena melayani konsumen dari hati sejak proses pembelian hingga paska pembelian.

Adrian Tirtadjaja, General Manager Lexus Indonesia PT Toyota Astra Motor (Doc SWA) Adrian Tirtadjaja, General Manager Lexus Indonesia PT Toyota Astra Motor (Doc SWA)

Brand otomotif asal Jepang yang menyasar segmen luxury ini  pernah memiliki pengalaman unik dengan salah satu customer, yaitu Paulus Bambang, Direktur di United Tractor. Saat itu rumahnya di Kelapa Gading terkena banjir. Tim Lexus mendatangi rumah tersebut dengan armada mobile conscious services (armada khusus untuk men-service mobil) hanya untuk membawakan 4 box Pizza buat keluarga mereka. Selain itu, perusahaan memberi service gratis selama 5 tahun.

Uniknya, di saat industri otomotif sedang lesu, Lexus berhasil mencatatkan penjualan 1.000 unit hingga November 2016 ini. Bahkan hingga 2017 nanti, sudah ada 150 unit yang dipesan. Total Januari – Oktober 2015 terjual sebanyak 401 unit. Januari-Oktober 2016 sebanyak 927 unit. Untuk tahun ini LX laku sebanyak 137 unit, NX sebanyak 177 unit, dan RX (SUV) 559 unit.

Tidak hanya itu, market share Lexus di SUV sudah lebih dari 35 persen, sedangkan LX market share di atas 65 persen. Untuk tipe LX ini dipakai oleh hampir semua konglomerat di Indonesia, seperti Megawati, Prabowo, dan lain-lain, karena dianggap dapat menunjukkan prestige.

Pada 2017 mendatang, perusahaan optimistis akan tumbuh, hal ini juga terkait dengan pemberlakuan tax amnesty. Selain itu, rencananya akan membuka gallery baru di Jakarta Selatan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)