Di Balik Keberhasilan Yamaha Kuasai Pasar Motor Sport

Pasar Indonesia semakin hari semakin menggiurkan. Lihat saja saat ini pasar kelas menengah Indonesia sudah menembus angka 60% dari jumlah populasi sejak tahun2005. Melihat besarmya potensi ini, Yamaha sebagai market leader pasar motor sport di Indonesia memanfaatkan hal tersebut. Memasuki pasar ini membutuhkan sebuah challenge tersendiri serta memerlukan value inovation dan membuat sebuah produk yang jauh di atas standar para kaum kelas menengah sendiri.

https://pertamax7.files.wordpress.com/2014/07/r-series-di-perayaan-40-tahun-yamaha-indonesia-dan-r25-global-model-production.jpg h

“Kelas menengah sendiri dibagi dalam beberapa segmen, ada kelas menengah ke bawah, kelas menengah dan kelas menengah atas. Oleh karena itu, sebagai sebuah perusahaan kami harus selalu melakukan inovasi disegala bidang, saya rasa itulah yang terpenting dari sebuah perusahaan untuk menghadapi kelas menengah ini,” ujar Dyonisius Beti, Executive Vice President Yamaha Motor Indonesia.

Dyonisius menambahkan, naiknya jumlah kelas menengah di Indonesia juga berpengaruh terhadap penjualan motor sport milik Yamaha. Saat ini Yamaha merupakan market leader untuk motor sport di Indonesia, dibagi dalam beberapa segmen karena Yamaha hanya bermanin di segmen kelas atas untuk motor sport. Harga motor sport Yamaha berkisar Rp24 juta dengan memegang market share sebanyak 70% dan untuk kelas yang lebih premium Yamaha menguasai sebanyak 50% marketshare di Indonesia.

Menjadi market leader di Indonesia, tidak membuat Yamaha puas dengan pencapaian itu.. Yamaha masih ingin merambah pasar internasional dengan motor sport R series miliknya. Dengan menjadikan Indonesia sebagai basis ekpor motor sportnya. Saat ini Yamaha sudah menembus angka 26.959 unit per tahun untuk pasar ekspor ke Eropa, Amerika dan Asia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)