Nippon Paint Hadirkan Tren Warna Asia

Perusahaan cat asal Jepang, Nippon Paint meluncurkan tren warna Asia yang diprediksi akan menjadi tren warna dalam berbagai industri di tahun 2016 dan 2017. Tren warna tersebut dipilih secara seksama oleh para arsitek, desainer interior, desainer fesyen, hingga ahli pewarnaan dari berbagai negara Asia dalam Asia Pacific ChromaZone Colour Forecasting Workshop 2015 di Jepang pada bulan Maret 2015.

2016-01-19-16-54-15

Menurut Jon Tan, CEO Decorative Paints Nippon Paint Indonesia, untuk mendapatkan esensi warna Asia ini, Nippon Paint melakukan analisa dan riset mengenai efek warna serta bagaimana warna dapat mempengaruhi tingkah laku. “Hasil prediksi tren warna ini juga relevan untuk diaplikasikan dalam berbagai media dan industri, karena baik perusahaan manufaktur maupun desainer telah mengakui akan berkembangnya nilai konsumen dan bisnis melalui pengaplikasian warna,” ujar Jon saat peluncuran yang bertajuk Trend Beyond Colours di Jakarta, (19/1).

Adapun 9 tren warna yang diluncurkan hadir dalam 3 tema inspirasional yaitu We are One, New Eco dan Wonder-Lust. We are One menampilkan warna kekinian terkait teknologi dan media sosial, New Eco terinspirasi dari alam bumi pertiwi Asia yang eksotis, dan Wonder-Lust terinspirasi dari budaya anak muda masa kini.

Linda Kam, Assistant Marketing Manager Nippon Paint, mengatakan, “Tren warna Asia unik, tidak seperti Eropa dan Amerika. Di mana Eropa dan Amerika tren warnanya lebih warm, soft dan natural seperti coklat, pastel dan krem. Lain dengan Asia, warna-warna yang populer lebih colorful dan lebih kaya dibandingkan benua lain.”

Melalui peluncuran tren warna ini, Nippon berniat untuk mendongkrak pertumbuhan penjualan melalui kemitraan dengan pengembang-pengembang properti. “Saat ini komposisi penjualan cat melalui ritel masih menguasai, yaitu sebesar 95%, sedangkan project-based dengan pengembang baru 5 persen. Kami menargetkan porsi yang sehat untuk industri cat adalah 70% dari ritel dan 30% project-based,” kata Jon.

Saat ini, Nippon Paint memiliki total 4 pabrik dan 35 titik distribusi atau kantor pemasaran di seluruh Indonesia. Perusahaan yang telah hadir di Indonesia sejak 1969 ini menguasai 30% market share di bidang cat dekoratif dan arsitektur serta lebih dari 50% market share di bidang cat otomotif, yang merupakan produsen cat otomotif untuk brand seperti Toyota, Honda, serta Yamaha.

Di tahun 2016, Nippon menargetkan pertumbuhan penjualan sebesar 20 persen. “Kami optimis berkat pengunaan mesin tinting yang mana kini di toko cat tersedia 10.000 warna dan kami akan terus meluncurkan produk baru,” ungkap Jon. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)