NMI Mulai Kenalkan Datsun di Ajang IIMS 2013

IMG_2115Persaingan Low Cost Green Car (LCGC) mulai makin terasa gaungnya. Setelah beberapa waktu lalu Toyota meluncurkan LCGC-nya, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) pun mulai mengenalkan produk dengan merek Datsun sebagai seri LCGC. Dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, Yoshiya Horigome, Vice President Director National Sales and Marketing NMI, mengatakan, Indonesia merupakan negara pertama yang memiliki seluruh merek Nissan Motor Company, yaitu Datsun, Nissan dan Infiniti. “Pada kesempatan IIMS 2013 ini pula, Datsun memiliki booth di pameran mobil untuk pertama kalinya di dunia,”tambahnya.

Pada booth Datsun, pengunjung dapat menyaksikan prototipe Datsun GO dan Datsun GO+ yang akan diluncurkan tahun depan. Line-up ini menurut keterangan, akan dipasarkan dengan harga di bawah Rp 100 juta rupiah. Pengembangan Datsun ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang berkarakteristik riser’s di Indonesia. Masyarakat optimis yang mengharapkan sesuatu yang lebih baik untuk hidupnya. “Target kami adalah masyarakat yang riser dan smart-buyer, ingin sesuatu yang lebih baik. Mereka yang belum pernah membeli mobil baru,” ujar Indriani Hadiwidjaja, GM Marketing  NMI.

Lebih lanjut, Indriani mengungkapkan, dua varian Datsun ini diproduksi dengan 80% menggunakan local content sesuai peraturan pemerintah. Ia pun mengungkapkan, diharapkan pada tahun 2016, penjualan Datsun mampu berkontribusi terhadap  NMI sebesar 50%. Namun, Indriani tidak mengungkapkan berapa besar target angka tersebut. Adapun untuk kontribusi penjualan terbesar saat ini masih ditopang Grand Livina sebesar 40% dari total penjualan tahun lalu 67 ribu, disusul Evalia dan March.

Untuk mencapai target-target termasuk untuk melakukan perluasan, Nissan berniat memperbesar kapasitas produksinya dari yang kini sekitar 100 ribu unit menjadi 250 ribu unit di 2016. “Kami berencana membangun pabrik baru,” ujar Indriani. Selain itu, dari wawancara yang dilakukan dengan SWA beberapa waktu lalu, PT NMI juga tengah mengembangkan sistem network yang dimilikinya untuk menggarap pasar di daerah. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)