Nutrifood Kembali Menangkap Peluang dengan Produk Pangan Bebas Gluten

Kondisi kesehatan setiap individu berbeda-beda oleh karena itu kebutuhannya akan produk pangan pun berbeda. Bagi mereka yang memiliki riwayat alergi pada kandungan bahan pangan tertentu harus menjalani diet khusus. Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, K-AI,FINASIM, ahli alergi dan imunologi klinik, FKUI menjelaskan ada banyak kandungan bahan pangan yang bersifat alergen (pemicu alergi), salah satu di antaranya adalah gluten yang banyak ditemukan dalam gandum dan produk olahannya.

Alergon

 

Gluten tidak saja menimbulkan alergi bagi sebagian orang tetapi juga bisa memperburuk kondisi kesehatan anak dengan autisme.
Lucy Wiryono, ibu yang memiliki anak autisme membagi pengalamannya menyediakan makanan yang aman untuk anaknya.

Menurut Lucy, di Indonesia bahan pangan olahan yang bebas gluten masih menjadi produk langka.  “Saya kesulitan menemukannya baik yang berupa produk olahan maupun bahan baku seperti tepung bebas gluten,” jelas Lucy. Melihat peluang ini, maka Nutrifood melalui Tropicana Slim mengeluarkan produk pangan siap saji yang bebas gluten. Produk tersebut hadir dengan brand Alergon.

Brand Manajer Tropicana Slim Alergon, Rainne Widjaja, menjelaskan prevalensi autisme di dunia semakin meningkat. Di Indonesia diperkirakan anak dengan autisme memiliki prevalensi sebasar 1 dari 150 anak (data tahun 2000). Sedangkan perkembangan produk makanan olahan dan makanan siap saji dari gandum (mengandung gluten) semakin marak di pasar Indonesia.

Bagi mereka yang harus menjalani diet gluten free menjadi kesulitan di tengah kepungan makanan berbahan tepung gandum. “Tim riset kami lalu menemukan produk olahan dari tepung bebas gluten yang diolah menjadi kukis dengan rasa yang enak untuk ukuran pangan bebas gluten” jelas Rainne.

Tidak hanya kukis, Alrgon juga menghadirkan pemanis dari bahan daun stevia. Daun tersebut diklaim sebagai pemanis minuman dan makanan yang aman dikonsumsi ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) dan mereka yang memerlukan diet khusus.

Sebagai langkah pertama strategi marketingnya, Alergon berinisiatif menjadi sponsor utama bagi 4 siswa London School Centre for Autism Awarness (LSCAA) yang akan mengikuti Autism Awarness Festival di Bangkok pada Juli 2014 mendatang. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)