Online Makin Ramai Karena Akan Lahir 16 Juta Penduduk

Demikianlah ramalan Yahoo Asia Tenggara yang dibeberkan dalam Digital Advertising Gathering 2012. Mereka memperkirakan dunia online akan semakin ramai dengan hadirnya 16 juta pengguna baru hingga tiga tahun mendatang.

Selain jumlah pengguna yang bertambah, media yang digunakan pun diperkirakan akan semakin variatif. Hal ini, tentunya akan mengakibatkan pergeseran media online yang cukup signifikan.

Pada pemaparannya 30 Maret 2012, Yahoo merekam penggunaan internet mulai bergeser ke akses yang lebih privat. Tahun 2009 misalnya, 83 persen masyarakat online memanfaatkan warung internet (warnet) untuk online.  Di tahun yang sama, hanya 22 persen pengguna yang memanfaatkan ponsel dan 16 persen yang menggunakan internet di rumah.

Angka ini berubah cukup drastis di tahun 2011. Pemanfaatan warnet menurun hingga 60 persen sedangkan pemanfaatan ponsel dan internet rumah justru naik menjadi 58 persen dan 32 persen. Yahoo memperkirakan prosentase pemanfaatan warnet 2012 akan menurun ke angka 49 persen. Sementara itu Yahoo justru meramalkan kenaikan prosentase pemanfaatan ponsel hingga 62 persen dan internet rumah 41 persen.

Penggunaan ponsel sebagai media online pun diramalkan akan semakin marak tahun ini. Yahoo Asia Tenggara memperkirakan 86 persen pengguna feature phone memanfaatkan akses internet pada 2012. Sedangkan akses internet melalui smart phone (ponsel pintar) 20 persen.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)