Pameran HVACR/PS Southeast Asia 2016 Pertemukan Buyer dan Seller

Untuk yang ke-5 kali pameran Heating, Ventilation, dan Air Conditioning atau dikenal HVACR/PS Southeast Asia 2016 digelar di Jakarta International Expo, Jakrata. Pameran yang berlangsung dari 23-25 November itu diikuti oleh 13 negara dan diharapkan menjadi ajang pertemuan buyer dan seller di sektor industri HVACR, katup dan kompresor di Asai Tenggara.

pameran-ac

Dibandingkan tahun 2015, pameran tahun ini ada peningkatan di paviliun internasional. Sebab, pasar Indonesia dinilai potensial. Apalagi dengan undangan dari ASHRAE, setidaknya 200 delegasi diharapkan menghadiri konferensi tiap hari.

“Pameran HVACR 2016 ini diikuti belasan negara, seperti Tiongkok, India, Indonesia, Italia, Malaysia, Rusia, Singapura, Thailand, serta Korea. Peserta dari luar Indonesia makin banyak,” jelas Herlin Herlianika, Presiden ASHRAE Indonesia Chapter. Letak geografis Indonesia yang strategis menjadi nilai tambah untuk menggarap potensi pasar industri HVACR/PS. Hal ini didukung iklim tropis dan penduduk yang besar.

Jack Wei, GM Informa Exhibitions – Asia, mengatakan, seiring pertumbuhan bisnis properti, maka bisnis HVACR/PS di Indonesia setiap tahunya tumbuh rata-rata 15%. Akan tetapi, pasar yang besar ini tidak didukung oleh pabrikan dalam negeri. Pasalnya industri Indonesia belum mampu untuk memberikan supporting pada bisnis ini, konten impornya masih mendominasi.

Ke depan, Herlin mengharapkan Indonesia tidak hanya menjadi negara tujuan konsumsi produk-produk impor saja, tapi harus lebih berkembang menghasilkan produsen -produsen yang mampu menciptakan produk yang efiseien dalam konsumsi energi, green technology atau ramah lingkungan yang akan menjadi pemenang pangsa pasar HVACR/PS di pasar global.

Sejalan dengan visi perusahaan HVACR/PS yang fokus pada wilayah Mekong di Asia Tenggara, maka tahun 2017 akan konsentrasi menggarap pameran serupa di Vietnam. Jadi, pameran ini adalah yang terakhir di Indonesia, sehingga mesti dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh publik, terutama pelaku industri HVACR, katup dan kompresor.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)