Inovasi Panasonic Hadirkan Baterai Remote Ramah Lingkungan

Sebagai salah satu perusahaan multinasional yang berkiprah di seluruh belahan dunia, Panasonic terus melakukan inovasi berkaitan dengan kualitas produknya. Dalam kesempatan kali ini, Panasonic meluncurkan baterai khusus remote kontrol. Menariknya, baterai yang yang diproduksi oleh Panasonic ini bebas timbal, sehingga dapat dikatakan sebagai baterai ramah lingkungan.

P_20150611_124347-640x480 Peluncuran Baterai Remote Tanpa Timbal Panasonic

“Kebijakan dari headquater kami di Jepang, bahwa seluruh produk baterai Panasonic tidak langi menggunakan timbal sebagai bahan baku produksi karena berpengaruh dengan lingkungan,” ujar Hantara, Associate Director PT Panasonic Gobel Energy Indonesia.

Sebelum melakukan inovasi mengenai baterai remote control tanpa timbal, pihak Panasonic Indonesia terlebih dahulu melakukan riset selama setahun. Riset yang dilakukan meliputi riset mengenai bahan pengganti timbal dan juga segmen pasar untuk penggunaan baterai.

“Selama ini, penggunaan timbal dalam bahan baku baterai difungsikan untuk melunakkan komponen zinc, yakni pembungkus baterai sebelum dipres. Dalam setahun, Panasonoc Indonesia berhasil memformulasikan bahan baku lain yang sebenarnya sudah dikenal di masyarakat sebagai pengganti timbal. Dan tentunya lebih ramah lingkungan," tambah Hantara.

“Sebelum meluncurkan produk batetai AAA ramah lingkungan ini, sebelumnya kami juga melakukan riset dengan responden sebanyak 25.000 orang. Kebanyakan dari mereka memang menggunakan baterai AAA untuk kebutuhan remote controll. Dan 60% dari mereka mengeluh bahwa baterai AAA yang mereka gunakan seringkali mengalami kebocoran, sehingga mau tidak mau, mereka harus membeli remote baru karena remote rusak akibat kebocoran baterai.,” ujar Rika Novita, Product Manager Battery Panasonic Indonesia.

Pasar penjualan produk baterai mangan jenis AAA memang dapat dikatakan cukup menggiurkan. Dari data yang didapat dari Panasonic, per tahunnya masyarakat Indonesia membutuhkan sekitar 4,1 miliar unit baterai untuk peralatan elektronik mereka. Tentunya ini merupakan sebuah kesempatan bagi Panasonic,” ujar Rika.

Demi mendukung hal tersebut, Panasonic gigih melakukan campaign baik secara langsung dan juga digital dengan tema “Jodohnya Remote” Di sini Panasonic meyakinkan bahwa baterai Panasonic memang dispesifikasikan sebagai baterai untuk remote control dan tahan bocor.

Mengenai penjualan baterai Panasonic, Hantara menyebutkan bahwa Panasonic memiliki andil yang cukup besar dalam menghasilkan devisa negara. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat ekspor dari produk Panasonic adalah sekitar 85%, sedangkan untuk pasar lokal sebesar 15%. Di Indonesia sendiri, Panasonic menempati urutan penjualan ke-2. baterai AAA ramah lingkungan. Hal ini nantinya diharapkan dapat menyumbang persentase penjualan keseluruhan sebanyak 30%. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)